Peran Guru Al-Qur'an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Rahayu, Alya Widya (2023) Peran Guru Al-Qur'an Hadits dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alya Widya Rahayu_ T20191128.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alya Widya Rahayu, 2023: Peran guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Peran guru Al-Qur’an Hadits, mengatasi kesulitan, membaca Al-Qur’an.
Guru mempunyai peran penting dalam sebuah proses pembelajaran di sekolah, terutama guru Al-Qur’an Hadits yang mempunyai peran penting apabila ada siswa yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an. Maka peran guru Al-Qur’an Hadits adalah untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember. 2) Apa saja bentuk kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember?. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember. 2) Mendeskripsikan bentuk kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Serta pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Peran guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember yaitu a) guru berperan sebagai pembimbing yaitu dengan memberikan metode pembelajaran Al-Qur’an yang sesuai dengan keadaan peserta didiknya seperti menggunakan metode drill, selain itu guru Al-Qur’an Hadits juga memberikan jam tambahan setelah sepulang sekolah kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an. b) Guru berperan sebagai motivator yaitu guru memberikan motivasi berupa rewards atau pujian agar peserta didik lebih giat ketika membaca Al-Qur’an. c) Guru berperan sebagai fasilitator yaitu menggunakan media power point yang didalamnya terdapat cara-cara membaca Al-Qur’an dengan benar. 2) Bentuk kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Jember yaitu berupa kesulitan dalam pelafalan atau pengucapan makharijul huruf, panjang pendeknya suatu bacaan, serta belum bisa memahami kaidah-kaidah ilmu tajwid yang diterpakan ketika membaca Al-Qur’an. 3) Faktor pendukung guru Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VIII yaitu dengan adanya program juz amma atau tadarus Al-Qur’an di pagi hari sebelum memulai jam pelajaran pertama yang didampingi oleh guru yang akan mengajar di masing-masing kelasnya dan faktor pendukung yang berupa sarana prasarana sekolah yang dapat menunjang siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an seperti perpustakaan yang didalamnya terdapat buku iqro’, juz amma, Al-Qur’an, buku ilmu tajwid, dan buku-buku lainnya. Adapun faktor penghambat guru dalam menjalankan perannya yaitu karena rendahnya minat dan motivasi siswa dalam membaca Al-Qur’an, kurangnya perhatian, kurang dukungan, dan bimbingan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Alya Widya Rahayu
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:25
Last Modified: 08 Jan 2024 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31719

Actions (login required)

View Item View Item