Implementasi Program Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas Unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi

Imami, Liliyan Dheatri (2023) Implementasi Program Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas Unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Liliyan Dheatri Imami_T20191291.pdf

Download (3MB)

Abstract

Liliyan Dheatri Imami, 2023: Implementasi Program Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas Unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi.

Kata Kunci: Program Keagamaan, Karakter Religius.

Pendidikan agama memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter religius siswa. Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi berkomitmen tinggi dalam mengembangkan karakter religius siswanya pada kelas unggulan. Program atau kegiatan yang dilaksanakan seperti Murottal Al-Qur’an, Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur, Monitoring Ubudiyah (surat-surat pendek (Juz Amma), Hadits Budi Luhur, Doa dan Dzikir Harian), Kampung Arab. Karakter religius siswa yang ditanamkan yaitu akhlakul karimah bagaimana jika bersikap baik, bertutur kata yang sopan, menjaga kerukunan antar teman.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk-bentuk Program Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa kelas unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Program Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa kelas unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk program keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa kelas unggulan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi, (2) untuk mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat dalam program keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa kelas unggulan.
Penulian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian Study Kasus dan menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi: kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: (1) Bentuk-bentuk Program Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa pada Kelas Unggulan Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi, maka peneliti menemukan beberapa bentuk kegiatan keagamaan sebagai berikut: a) Murottal Al-qur’an, b) Sholat Dhuhur, c) Sholat Dhuha, d) Monitoring Ubudiyah (Surat-surat pendek (Juz Amma), Hadits Budi Luhur, Doa dan Dzikir Harian), e) Kampung Arab. (2) Faktor pendukung dan penghambat Program Keagamaan dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa pada Kelas Unggulan Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi sebagai berikut: a) Faktor Pendukung: Dengan kerjasama yang kuat antara guru, orang tua, dan minat siswa, Madrasah Tsanawiyah Negeri 11 Banyuwangi dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan spiritual dan karakter religius siswa, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi masa depan dengan keyakinan agama yang kuat. b) Faktor Penghambat: Terdapat beberapa hambatan yang dapat muncul dalam menjalankan program atau kegiatan, baik dari sisi siswa maupun faktor-faktor lingkungan yaitu: Kurangnya Antusiasme dan Semangat Siswa, Ketersediaan Tutor yang Tidak Konsisten, Kurangnya Minat Siswa yang terdapat krgiatan dilaksanakan pada Jam Siang, Kendala Lingkungan Seperti Kehabisan Air atau Listrik Padam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Liliyan Dheatri Imami
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:28
Last Modified: 08 Jan 2024 07:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31721

Actions (login required)

View Item View Item