Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Flipped Classroom kelas XI IPA di SMA Pancasila Ambulu tahun pelajaran 2022/2023.

setiyo budi, wahyu (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui model pembelajaran Flipped Classroom kelas XI IPA di SMA Pancasila Ambulu tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin Kh Achmad Shidiq Jember.

[img] Text
WAHYU SETIYO BUDI T20191396.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wahyu Setiyo Budi, 2022: “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom Kelas XI IPA di SMA Pancasila Ambulu-Jember Tahun 2022/2023”.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Model Pembelajaran Flipped Classroom.
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti selama ini hanya menggunakan model ceramah dan kurang bervariasi. Hal tersebut membuat pendidik merasa kelelahan serta peserta didik mudah bosan dan jenuh. Perlu adanya suatu inovasi pembelajaran agar proses belajar lebih aktif dan efektif. Inovasi yang diterapkan di SMA Pancasila Ambulu yakni Model Pembelajaran Flipped Classroom yang mempunyai peranan untuk meningkatkan keaktifan dan kemandirian belajar siswa.
Adapun fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui model pembelajaran Flipped Classroom kelas XI IPA di SMA Pancasila Ambulu-Jember Tahun 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui model pembelajaran Flipped Classroom kelas XI IPA di SMA Pancasila Ambulu-Jember Tahun 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti melalui model pembelajaran Flipped Classroom kelas XI IPA di SMA Pancasila Ambulu-Jember Tahun 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya studi kasus. Lokasi penelitian SMA Pancasila Ambulu. Subjek penelitian : Kepala Sekolah, Guru Mata pelajaran PAI, perwakilan siswa. Teknik pengumpulan data : 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan model Milles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan pembelajaran meliputi lima aspek utama yakni a. Guru menentukan tujuan model pembelajaran Flpped Classroom dan tujuan kompetensi. b. Guru menentukan materi pembelajaran Sikap toleran, rukun, dan menghindari tindakan kekerasan. c. Guru menentukan sumber belajar dari buku dan media pembelajaran berupa media Power Point. d. Guru menetapkan model pembelajaran Flipped Classroom. e. Guru menetapan penilaian observasi dan tes objektif bentuk pilihan ganda. 2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu : a. Guru membuka pelajaran dengan diawali dengan salam, berdoa, mengecek kehadiran siswa, apersepsi, motivasi, dan arahan. b. Guru memberikan penguatan terkait materi sikap toleran, rukun, dan menghindari tindak kekerasan. c. Guru menggunakan Model pembelajaran Flipped Classroom sesuai dengan langkah-langkahnya. d. Guru menutup pelajaran dengan memberikan kesimpulan, memberikan sesi tanya jawab, memberikan pekerjaan rumah, berdoa, dan diakhiri dengan salam. 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan menggunakan penilaian formatif melalui tes objektif bentuk pilihan ganda dan observasi serta mengamati bacaan Al-Quran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: wahyu setiyo budi
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:18
Last Modified: 09 Jan 2024 06:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31726

Actions (login required)

View Item View Item