Kerja Sama Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menangani Perilaku Bolos Di Sekolah Menengah Kejuruan Kartini Jember

Latifah, Rahmatika Dwi (2022) Kerja Sama Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menangani Perilaku Bolos Di Sekolah Menengah Kejuruan Kartini Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
RAHMATIKA DWI LATIFAH_T20191337.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahmatika Dwi Latifah, 2023: Kerja Sama Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Menangani Perilaku Bolos Di Sekolah Menengah Kejuruan Kartini Jember.
Kata Kunci: Kerja Sama, Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Bolos
Kerja sama merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih guna mencapai tujuan yang diinginkan bersama. Terutama dalam dunia pendidikan kerjasama guru sangatlah diperlukan sebab dalam dunia pendidikan seorang pendidik dikatakan profesional apabila seorang tersebut memliki sifat deduktif yang melekat pada dirinya agar seorang guru selalu memperbaiki dan memperbarui model-model atau cara kerjanya sesuai zamannya.
Adapun fokus penelitian meliputi: 1) bagaimana bentuk kerja sama guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos di SMK Kartini Jember? 2) bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos di SMK Kartini Jember? 3) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat kerja sama guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos di SMK Kartini Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos di SMK Kartini Jember. 2) mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos di SMK Kartini Jember. 3) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat kerja sama guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos sekolah di SMK Kartini Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini meliputi: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) bentuk kerja sama yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos yakni dengan memberikan surat panggilan orang tua. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menangani perilaku bolos yakni dengan saling menjaga komunikasi dengan guru, orang tua dan siswa. 3) Faktor yang menjadi pendukung yakni lembaga yang memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada semua guru dan juga dukungan dari beberapa orang tua dan juga siswa, sedangkan faktor yang menjadi penghambat kerja sama guru pendidikan agama Islam yakni karena ada beberapa orang tua siswa yang kurang kooperatif dan kurang pedulinya orang tua terhadap perilaku anak selama di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmatika Dwi Latifah
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:47
Last Modified: 08 Jan 2024 07:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31734

Actions (login required)

View Item View Item