Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film KKN di Desa Penari dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam

Aulada, Ulul Izmi (2023) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film KKN di Desa Penari dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ULUL IZMI A-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Ulul Izmi Aulada, 2023: Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film KKN di Desa Penari dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter, Film “KKN di Desa Penari”, Pendidikan Agama Islam.
Pendidikan karakter masih menjadi isu yang memerlukan banyak perhatian dalam dunia pendidikan di Indonesia. Terlebih melihat banyaknya kasus dan tindak kriminalitas yang terjadi dan dilakukan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, maka perlu adanya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter agar setiap lapisan mayarakat dapat memiliki karakter yang baik. Dengan kecanggihan teknologi yang ada penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan menggunakan media film. Salah satu film yang dapat digunakan sebagai media penanaman nilai pendidika karakter ialah film KKN di Desa Penari. Film KKN di Desa Penari memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang relevan dengan nilai pendidikan agama Islam, sehingga layak untuk dijadikan sebagai media atau bahan ajar di era modern ini.
Fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bentuk nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film KKN di Desa Penari? 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film KKN di Desa Penari dengan pendidikan agama Islam?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal-hal berikut: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film KKN di Desa Penari, 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Film KKN di Desa Penari dengan pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan atau library research. Proses pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan ialah analisis isi (content analysis) dengan teknik keabsahan data yang menggunakan teknik triagulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat 6 nilai pendidikan karakter dalam film KKN di Desa Penari, yaitu nilai religius, toleransi, demokratis, komunikatif/bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) nilai-nilai pendidikan karakter dalam film KKN di Desa Penari relevan dengan pendidikan agama Islam. Nilai karakter religius relevan dengan nilai akidah. Nilai karakter religius, toleransi, demokratis, komunikatif/bersahabat, peduli sosial, dan tanggung jawab relevan dengan nilai akhlak. Nilai karakter religius relevan dengan nilai syariat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulul Izmi Aulada
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:08
Last Modified: 09 Jan 2024 04:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31735

Actions (login required)

View Item View Item