Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jember

Hasanah, Nurisatul (2024) Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurisatul Hasanah_T20191482.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya karakter-karakter baik penerus bangsa yang telah dikikis oleh zaman dan ternologi yang makin kesini makin canggih. Dan pada kesempatan kali ini peneliti tertarik dengan metode yang di pakai di madrasah tsanawiyah al-falah jember yakni metode pembiasaan dalam membentuk karakter peserta didiknya. Metode pembiasaan dalam membentuk karakter sendiri adalah suatu cara yang dilakukan oleh guru untuk membantu dalam pembentukan suatu watak atau karakter yang baik dalam diri peserta didik. Berpijak pada permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk membuat judul “Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jember”. Dengan permasalahan yang di angkat yakni: 1. Bagaimana Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Jujur Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jember? 2. Bagaimana Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jember? 3. Bagaimana Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jember? Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitiannya deskriptif, penentuan subjek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1.) metode pembiasaan dalam membentuk karakter jujur peserta didik yakni dengan metode pembiasaan terprogram dengan cara membiasakan peserta didik untuk bekerja sendiri, bekerja sama dengan teman serta memberikan penilaian yang adil, dan metode pembiasaan tidak terprogram dengan kegiatan rutin, spontan dan keteladanan. 2.) metode pembiasaan dalam membentuk karakter disiplin peserta didik yakni dengan cara metode pembiasaan terprogram dengan cara membiasakan peserta didik bertanya, belajar kelompok, refleksi serta taat peraturan, dan metode pembiasaan tidak terprogram dengan kegiatan rutin, spontan dan keteladanan. 3.) metode pembiasaan dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik yakni dengan metode pembiasaan terprogram dengan cara membiasakan peserta didik mengambil keputusan serta berfikir kritis, dan metode pembiasaan tidak terprogram dengan kegiatan rutin, spontan dan keteladanan.
Kata Kunci: Metode Pembiasaan, Pembentukan Karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Nurisatul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:08
Last Modified: 08 Jan 2024 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31740

Actions (login required)

View Item View Item