Implementasi Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Nikah dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

MAULIDA AINI, MAHBUBAH (2023) Implementasi Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Nikah dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulida Aini Mahbubah _T20191231-1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maulida Aini Mahbubah. 2023. “Implementasi Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Fikih Bab Nikah dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.”
Kata Kunci : Metode Role Playing, Bab Nikah, Kreativitas, Motivasi
Metode Role Playing adalah sebuah metode belajar berbagi peran pada proses pembelajarannya. Pada metode ini, siswa diberikan kesempatan untuk memerankan dan mengekspresikan dirinya sesuai dengan peran yang diterimanya. Dalam pembelajaran fikih bab nikah di MAN 2 Jember peran yang dimaninkan adalah calon pengantin laki-laki, calon pengantin perempuan, keluarga dari pengantin laki-laki dan perempuan, wali, saksi, tamu undangan, serta adanya praktik prosesi akad nikah. Fokus pada penelitian ini 1) Bagaimana implementasi metode role playing pada mata pelajaran fikih bab nikah dalam meningkatkan Kreativitas siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? 2) Bagaimana implementasi metode role playing pada mata pelajaran fikih bab nikah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan : 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data pada penelitian ini Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : (1) Implementasi metode role playing pada mata pelajaran fikih bab nikah dalam meningkatkan kreativitas siswa dilakukan dengan (a) tahap persiapan : pada tahap ini siswa diberi bebebasan untuk memilih tema, serta pemain peran (b) mendekorasi panggung : siswa berlomba-lomba mendekorasi ruangan sekreatif mungkin (c) memainkan peran : hal ini membutuhkan hubungan antar sesama yang merupakan faktor social yang dapat menunjang kreativitas peserta didik (d) diskusi : kreativitas akan muncul pada saat berdiskusi yang dilakukan dengan bertanya dan memecahkan masalah (e) berbagi pengalaman dan menyimpulkan : kreativitas diperoleh dengan hal baru dan gabungan informasi yang diperoleh dari pengalaman yang dilalui. (2) Implementasi metode role playing pada mata pelajaran fikih bab nikah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa (a) tahap persiapan : motivasi belajar siswa dapat dilihat dari sebelum persiapan, bahwa materi bab nikah adalah materi yang paling ditunggu oleh siswa (b) mendekorasi panggung : mendekorasi panggung sebagus mungkin karena untuk mendapatkan nilai yang tinggi, ini termasuk pada motivasi ekstrinsik (c) Memaikan peran : siswa yang mengajukan diri menjadi pemeran (motivasi intrinsik) dan ada pula siswa yang ditunjuk karena dianggap mampu mendalami peran (motivasi ekstrinsik) (d) Diskusi : Diskusi dilakukan didalam kelas setelah prosesi ijab Kabul di masjid, ini adalah upaya guru untuk mempertinggi motivasi siswa (e) Berbagi pengalaman dan menyimpulkan : banyak siswa yang memberikan kesan bahwa pembelajaran fikih menggunakan metode role playing sangat mudah dipahami, didukung dengan suasana santai namun meningkatkan pemahaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MAULIDA AINI MAHBUBAH
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:40
Last Modified: 23 Oct 2024 01:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31743

Actions (login required)

View Item View Item