PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PERUMUSAN AMDAL PADA MASYARAKAT YANG TERKENA DAMPAK KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Mohammad Ainun, Najib (2024) PERAN SERTA MASYARAKAT DALAM PERUMUSAN AMDAL PADA MASYARAKAT YANG TERKENA DAMPAK KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas Syariah.

[img] Text
Najib Mohammad goooy10.pdf

Download (5MB)

Abstract

Mohammad Ainun Najib, 2021 : Peran Serta Masyarakat Dalam Perumusan AMDAL Pada Masyaraka Yang Terkena Dampak Kerusakan Lingkungan di Kecamatan Puger Kabupaten Jember
Kata Kunci : Peran Serta Masyarakat, Amdal.
​Tahap penting dalam pencegahan kerusakan lingkungan dan persyaratan untuk mendapatkan izin lingkungan adalah analisis mengenai dampak lingkungan atau AMDAL. Masyarakat harus dilibatkan dalam penyusunan AMDAL, namun investor, pelaku korporasi, dan pemerintah masih belum sepenuhnya melibatkan banyak masyarakat. Padahal masyarakat memiliki kewajiban dan hak untuk menjaga lingkungan. Penelitian lebih lanjut tentang keterlibatan masyarakat dalam proses penyusunan AMDAL diperlukan sebagai akibat dari tidak adanya keterlibatan masyarakat.
​Fokus masalah skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana bentuk peran serta masyarakat dalam penyusunan AMDAL di Kecamatan Puger? 2) Bagaimana implementasi Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Keterlibatan Masyarakat Dalam Proses AMDAL dan Izin Lingkungan di Kecamatan Puger? 3) Bagaimana akibat hukum jika peran serta masyarakat tidak dilibatkan dalam penyusunan AMDAL? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bentuk peran serta masyarskst dalam penyusunan AMDAL, 2) Untuk mengetahui Implementasi Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Nomor 17 Tahun 2012, 3) Mengetahui akibat hukum jika peran masyarakat tidak dilibatkan.
​Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat empiris Pada penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian hukum empiris karena dalam penelitian ini berupaya untuk melihat hukum dalam artian yang nyata atau dapat dikatakan melihat dan meliti bagaimana kinerjanya hukum di masyarakat. Penelitian hukum empiris merupakan penelitian hukum yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan di masyarakat atau penelitian yang dilakukan terhadap keadaan sebenarnya yang terjadi di masyarakat, dengan maksud menemukan fakta-fakta yang dijadikan data penelitian yang kemudian data tersebut di analisis untuk mengidentifikasi masalah yang pada akhirnya menuju pada penyelesaian masalah.
​Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Keterlibatan masyarakat dalam AMDAL, atau analisis mengenai dampak lingkungan. 2) Melaksanakan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia No. 17 Tahun 2012 tentang Pelibatan Masyarakat dalam Proses AMDAL dan Izin Lingkungan untuk mengatasi kekhawatiran tentang jaminan perlindungan bagi keterlibatan masyarakat dalam penyusunan AMDAL dan akibat hukum dari tidak melibatkan masyarakat. Temuan diskusi menunjukkan bahwa meskipun peraturan telah melindungi partisipasi masyarakat dalam proses desain AMDAL dan telah menjamin hak-hak mereka, pengaruhnya masih agak kecil. Selain itu, sesuai dengan putusan pengadilan, penanam modal dan pelaku usaha wajib memperbaiki mulai dari saat masyarakat tidak diikutsertakan dalam proses penyusunan AMDAL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Depositing User: Man Mohammad Ainun Najib
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:14
Last Modified: 08 Jan 2024 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31746

Actions (login required)

View Item View Item