Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint Visual Basic for Application pada Materi Hakikat ilmu Sains dan Metode Ilmiah Kelas VII MTs Negeri 1 Jember

Yusuf, Muhammad Edy (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint Visual Basic for Application pada Materi Hakikat ilmu Sains dan Metode Ilmiah Kelas VII MTs Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Edy Yusuf_2011011000190.pdf

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan temuan di MTs Negeri 1 Jember, ditemukan bahwa belum tersedianya media pembelajaran penunjang untuk materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah, serta kurangnya pemenuhan kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran. Materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah membutuhkan beberapa visual yang dapat membantu peserta didik dalam mengenal dan memahaminya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint (MS-PPT) dengan Visual Basic for Application (VBA). Media pembelajaran ini dilengkapi dengan kuis dan uji kompetensi, bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yakni (1) Mendeskripsikan validitas terhadap pengembangan media pembelajaran MS-PPT VBA pada materi Hakikat ilmu sains dan metode ilmiah kelas VII MTs Negeri 1 Jember. (2) Mendeskripsikan hasil uji respons peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Jember terhadap pengembangan media pembelajaran MS-PPT VBA pada materi Hakikat Ilmu Sains Dan Metode Ilmiah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Namun, pembatasan waktu memaksa penelitian ini hanya dapat mencakup tahap evaluasi formatif. Produk yang dihasilkan melalui pengembangan kemudian divalidasi oleh sejumlah ahli, termasuk ahli materi, ahli media, dan pengguna. Setelah melalui tahap validasi dan revisi, produk ini diujicoba lapangan untuk mengevaluasi respons peserta didik. Uji respons skala kecil dilakukan terhadap 7 peserta didik kelas VII G, sedangkan uji respons skala besar dilakukan terhadap 30 peserta didik kelas VII G di MTs Negeri 1 Jember.
Hasil dari penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menunjukkan prestasi yang memuaskan, dengan (1) persentase nilai validasi ahli materi sebesar 85,24%, (2) persentase nilai validasi ahli media mencapai 88,75%, dan (3) persentase nilai validasi pengguna oleh guru mencapai 92,86%. Dengan demikian, hasil tersebut mengindikasikan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi. Selain itu, hasil uji respons dari peserta didik juga menunjukkan prestasi yang membanggakan, yaitu (1) uji skala kecil mencapai 90,00% dengan kriteria sangat menarik, dan (2) uji skala besar mencapai 90,62% dengan kriteria sangat menarik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa dari segi kemenarikan, Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint Visual Basic for Application sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Aboriginal and Torres Strait Islander Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Muhammad Edy Yusuf
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:27
Last Modified: 09 Jan 2024 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31750

Actions (login required)

View Item View Item