PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nadia, Indana (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA SISWA KELAS XI DI MAN 4 BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDANA UMI NADIA_T20198045.pdf

Download (10MB)

Abstract

Indana Umi Nadia, 2023 : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Problem Solving Dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas XI Di MAN 4 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : Model pembelajaran problem solving (PBL), kemampuan problem solving, hasil belajar kognitif.

Problem based learning merupakan aktivitas pembelajaran menghadapkan siswa kepada permasalahan yang terjadi di dunia nyata mengembangkan pengetahuannya guna memecahkan permasalahan. Permasalahan yang terjadi pada kelas XI di MAN 4 Banyuwangi banyak siswa yang gagal mencapai KKM.Rendahnya nilai hasil belajar kognitif dipengaruhi oleh tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa juga tergolong rendah, banyaknya siswa yang tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan jawaban yang benar dan tepat waktu. Model pembelajaran berbasis masalah(PBL) dipilih sebagai salah satu pilihan yang digunakan dalam mengatasi permasalahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan : 1)mendeskripsikan kemampuan problem solving siswa pada kelas kontrol setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri dan kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 3) Mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan problem solving kelas XI IPA sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), 4) Mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kelas XI IPA sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Penelitian menggunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design, Desain penelitian adalah nonequivalent group posttest only design. Sampel yang digunakan yaitu terdiri dari 2 kelas XI IPA, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan teknik Uji Independent Sample T-Test.
Hasil penelitian diperoleh : 1) kemampuan problem solvin kelas eksperimen rata-rata 78,696 kategori sangat baik dan kelas kontrol rata-rata 60,476 kategori baik. 2) Hasil belajar kelas eksperimen rata-rata 76,523 kategori baik, kelas kontrol skor rata-rata 58,09 kategori cukup. 3) Terdapat perbedaan signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan problem solving dengan nilai signifikansi uji T 0,000 < 0,05 sehingga Ha1 diterima. Dapat disimpulkan model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan problem solving. 4) Terdapat perbedaan signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai signifikansi uji T sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha2 diterima. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms indana umi nadia
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:45
Last Modified: 08 Jan 2024 07:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31753

Actions (login required)

View Item View Item