PENYADAPAN WHATSAPP UNTUK MEWUJUDKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PASANGAN SUAMI-ISTRI LDR (LONG DISTANCE RELATIONSHIP) (Studi Kasus Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi)

febrian, lukman (2023) PENYADAPAN WHATSAPP UNTUK MEWUJUDKAN KEHARMONISAN RUMAH TANGGA PASANGAN SUAMI-ISTRI LDR (LONG DISTANCE RELATIONSHIP) (Studi Kasus Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi). Undergraduate thesis, uin kiai haji achmad siddiq jember.

[img] Text
LUKMAN FEBRIAN_S20191014.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lukman Febrian, 2023: Penyadapan WhatsApp Untuk Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga Pasangan Suami-Istri LDR (Long Distance Relationship)
Kata Kunci : Penyadapan, WhatsApp, Keharmonisan, LDR (Long Distance Relatoinship)
Dalam melakukan penyadapan whatsapp harus megetahui aturan-aturan yang akan di timpanya, hal ini dikarenakan hubungan jarak jauh atau LDR (Long Distance Relationship) menjadikan hubungan dengan pasangan tidak maksimal karena terhalangnya jarak, terutama bagi pasangan suami-istri. Peneliti menemukan fenomena adanya penyadapan yang dilakukan oleh suami-istri, yang beralasan kecurigaan sang pasangan selingkuh dan juga penelitian ini mengarah keranah positif. Maka dari itu, untuk menjaga keharmonisan keluarga mereka dengan melakukan penyadapan. Tentunya hal ini bertentangan dengan hukum positif pasal 31 UU ITE.
Fokus penelitian yang diteliti di antaranya: 1) Bagaimana perspektif hukum positif terhadap penyadapan WhatsApp terhadap pasangan suami istri yang sedang LDR (Long Distance Relationship), 2) Bagaimana penyadapan WhatsApp ini dapat menjamin keharmonisan Rumah Tangga pasangan Suami-Istri LDR (Long Distance Relationship)?. Tujuan penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan mengenai perspektif hukum positif terhadap penyadapan WhatsApp terhadap pasangan. 2) untuk mendeskripsikan mengenai penyadapan WhatsApp dapat menciptakan keharmonisan di dalam keluarga.
Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Untuk analisis data dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik serta member check dengan model miles huberman.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Perspektif hukum positif di indonesia tentang penyadapan WhatsApp berlandasan larangan menurut hukum, terdapat pada 31 ayat 1 UU ITE bahwasanya penyadapan hanya bisa dilakukan oleh Aparat dan izin Pengadilan. 2) Penyadapan WhatsApp Dapat Menjamin Untuk Mewujudkan Keharmonisan Rumah Tangga Pasangan Suami-Istri LDR (Long Distance Relationship).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Mr Lukman Febrian
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:21
Last Modified: 09 Jan 2024 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31756

Actions (login required)

View Item View Item