Internalisasi Nilai Moral dalam Drama Korea Perspektif Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (Studi Kasus)

Aditarisa, Roziana (2023) Internalisasi Nilai Moral dalam Drama Korea Perspektif Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (Studi Kasus). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Roziana (revisi pasca sidang) fix.pdf

Download (22MB)

Abstract

Drama Korea telah memberikan dampak atau nilai ditengah kalangan muda. Dalam perspektif Peter L Berger dan Thomas Luckman Drama Korea telah direkonstruksi melalui proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Sehingga secara langsung ataupun tidak nilai-nilai yang dimaksud mengubah pemahaman dan perilaku masyarakat muda. Drama Korea juga digemari oleh Mahasiswa PAI UIN KHAS Jember, oleh karenanya fenomena ini menarik minat peneliti untuk mengkaji bagaimana realitas internalisasi nilai moral dari Drama Korea melalui perspektif Mahasiswa PAI.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana mahasiswa menginternalisasi pesan, nilai, dan makna yang disampaikan dari serial drama Korea dan apa dampak pada pemahaman serta pandangan mereka terhadap isu-isu sosial, budaya, dan moral? 2) Apa faktor yang mempengaruhi perbedaan dalam cara menginternalisasi nilai dari Drama Korea?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan pesan, nilai, dan makna yang disampaikan dari serial drama Korea serta dampak pemahaman pandangan mahasiswa terhadap isu-isu sosial, budaya, dan moral. 2) Menganalisis faktor-faktor yang berperan penting dalam proses internalisasi Drama Korea.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana yaitu menggunakan pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunaan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber.
Hasil penelitian ini adalah :1) Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember memahami pesan, nilai dan makna melalui proses internalisasi internal dan eksternal. Pada proses internalisasi internal mahasiswa PAI dapat menghubungkan ajaran agama dengan konten dramatik tersebut. Mahasiswa dapat mengaitkan nilai-nilai moral Islam dengan situasi dalam drama, mencari hikmah, dan memahami perspektif budaya Korea dengan tetap menjaga nilai-nilai agama. Pada proses internalisasi eksternal mahasiswa PAI dapat berdiskusi dengan teman atau komunitas yang menyukai hal yang sama misalnya mereka dapat mencari pandangan dan pemahaman lebih dalam tentang pesan moral dalam drama korea dan dari pesan tersebut dikaitkan dengan nilai-nilai agama Islam. 2) Faktor pembeda dalam proses internalisasi Mahasiswa PAI dalam menonton serial drama korea yaitu dari latar belakang budaya kehidupan individu yang berbeda, pengalaman pribadinya, pengaruh lingkungan sosial, interaksi dengan konten media sosial yang diakses serta genre drama yang ditonton.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Roziana Aditarisa
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:09
Last Modified: 09 Jan 2024 04:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31760

Actions (login required)

View Item View Item