PENERAPAN PROGRAM BENGKEL SHALAT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sofia, Siti (2023) PENERAPAN PROGRAM BENGKEL SHALAT DI MADRASAH ALIYAH NEGERI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI SITI SOFIA T20191295.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Sofia, 2023: Penerapan Program Bengkel Shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Bengkel Shalat.
Konteks penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya shalat atau ibadah yang kurang baik. Dalam bengkel shalat ini suatu yang mereparasi/memperbaiki/ menyempurnakan shalat siswa yang kurang baik (baik syarat rukunnya maupun tata cara shalatnya, baik shalat yang wajib maupun yang sunnah). Berdasarkan permasalahan tersebut, guru menggunakan bengkel shalat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas ibadah peserta didik dan dapat meningkatkan pengetahuan ilmu agama yang benar.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana permasalahan shalat dalam penerapan program bengkel shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana penanggulangan dalam penerapan program bengkel shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan program bengkel shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023?
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berbentuk penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MA Negeri Bondowoso. Teknik penentuan informan dengan mengunakan teknik Purposive. Pada teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi waktu dan juga triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Permasalahan shalat dalam penerapan program bengkel shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso meliputi shalat fardhu, shalat fardhu ini mempunyai beberapa macam seperti, dhuhur, ashar, maghrib, isya’ dan subuh. shalat jenazah dan juga shalat sunnah ini juga mempunyai beberapa macam diantaranya yaitu, shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajjud, shalat istikharah dan shalat tasbih. 2) Penanggulangan dalam penerapan program bengkel shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso meliputi pencegahan, penanganan, rehabilitasi atau pemeliharaan.3) Faktor pendukung dalam penerapan program bengkel shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso meliputi kompetensi yang dimiliki guru pembimbing, sarana prasarana, kerja sama yang baik antara wali kelas dan guru, lingkungan. Faktor penghambat dalam penerapan program bengkel shalat di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso meliputi latar belakang siswa yang berbeda-beda, keterbatasan waktu, terbatasnya guru pembimbing. Dengan program bengkel shalat ini untuk meningkatkan kualitas ibadah peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sofia Sofia Siti Sofia
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:33
Last Modified: 10 Jan 2024 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31763

Actions (login required)

View Item View Item