Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melakukan Penguatan Nilai Moderasi Beragama Terhadap Siswa di SMPN 2 Ambulu

Maesaroh, Dewi (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melakukan Penguatan Nilai Moderasi Beragama Terhadap Siswa di SMPN 2 Ambulu. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dewi Maesaroh_T20191074.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dewi Maesaroh, 2023, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melakukan Penguatan Nilai Moderasi Beragama Terhadap Siswa di SMPN 2 Ambulu.
Kata Kunci: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai Moderasi Beragama, Siswa di SMPN 2 Ambulu
Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman suku bangsa, agama dan organisasi agama. Keragaman ini memiliki potensi yang dapat menjadikan masyarakat Indonesia terpecah-belah. Kasus radikalisme, anti nasionalisme, intoleransi, dan tindak kekerasan masih berkembang dan mulai merambah ke sekolah dasar dan menengah, sehingga menyebabkan anak-anak di bangku SMP terpapar. Untuk mencegah terjadinya hal-hal tersebut, maka perlu adanya upaya guru pendidikan agama Islam dalam melakukan penguatan nilai moderasi beragama.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam melakukan penguatan sikap nasionalisme terhadap siswa di SMPN 2 Ambulu? (2) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam melakukan penguatan sikap anti kekerasan terhadap siswa di SMPN 2 Ambulu? (3) Bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam melakukan penguatan sikap toleransi terhadap siswa di SMPN 2 Ambulu?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam melakukan penguatan sikap nasionalisme terhadap siswa di SMPN 2 Ambulu. (2) Mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam melakukan penguatan sikap anti kekerasan terhadap siswa di SMPN 2 Ambulu. (3) Mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam melakukan penguatan sikap toleransi terhadap siswa di SMPN 2 Ambulu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada tahap pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penguatan sikap nasionalisme yang dilakukan oleh guru PAI dibagi menjadi dua yaitu melalui penyampaian materi PAI bermuatan nasionalisme dan pemberian nasihat, upaya kedisiplinan. Upaya pendukung lain yang dilakukan sekolah yaitu upacara hari Senin, dan upacara hari pahlawan. (2) Penguatan sikap anti kekerasan yang dilakukan oleh guru PAI yaitu melalui penyampaian materi PAI bermuatan anti kekerasan, pemberian nasihat, melalui kajian keagamaan dalam rangka memperingati maulid Nabi, dan membagikan konten kekerasan di grup whatsapp sebagai bentuk arahan kepada siswa. (3) Penguatan sikap toleransi yang dilakukan oleh guru PAI melalui penyampaian materi PAI tentang toleransi, pemberian nasihat, keteladanan, dan pemberian perhatian khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Dewi Maesaroh
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:47
Last Modified: 09 Jan 2024 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31767

Actions (login required)

View Item View Item