RELIGIUSITAS SISWA PECINTA KOREAN POP DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME : STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH 45 GIANYAR

Khasanah, Putri Uswatun (2023) RELIGIUSITAS SISWA PECINTA KOREAN POP DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME : STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH 45 GIANYAR. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Uswatun Khasanah _T20191004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Putri Uswatun Khasanah, 2023: Religiusitas Siswa Pecinta Korean Pop dalam Perspektif Teori Konstruktivisme : Studi Kasus di MA 45 Gianyar.
Kata Kunci : Religiusitas, Korean Pop, Teori Konstruktivisme

Akhir – akhir ini Korean Wave telah banyak menyita perhatian siswa, sehingga tidak dipungkiri dapat menyebabkan terganggunya fokus belajar siswa sebagai akibat dari terpecahnya konsentrasi belajar. Hal tersebut menimbulkan
pertanyaan apakah Korean Wave mampu menggeser keyakinan, pemahaman dan sikap siswa terhadap Pendidikan Agama Islam? Jika demikian perlukah Pendidikan agama Islam dimodernisasikan sedemikian rupa agar mampu mengatasi problem dari Korean Wave khususnya di bidang Korean Pop?.
Fokus penelitian adalah: 1). Bagaimana latar belakang penerimaan kehadiran Korean Pop pada siswa di MA 45 Gianyar? 2). Bagaimana keyakinan,pemahaman, dan tata sikap keagamaan siswa pecinta Korean Pop di MA 45 Gianyar? 3). Bagaimana dampak Korean Pop terhadap Religiusitas siswa MA 45 Gianyar dalam perspektif Teori belajar konstruktivisme?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan latar belakang penerimaan kehadiran Korean Pop pada siswa di MA 45 Gianyar? 2). Untuk mendeskripsikan keyakinan, pemahaman, dan tata sikap keagamaan siswa pecinta Korean Pop di MA 45 Gianyar? 3). Untuk mendeskripsikan dampak Korean pop terhadap Religiusitas siswa di MA 45 Gianyar?
Penelitian ini menggunakan kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian ini menggunakan studi kasus.Teknik pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan Kondensasi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Latar belakang penerimaan Korean Pop pada Siswa MA 45 Gianyar lebih banyak dipengaruhi oleh media elektronik yakni media social, terdiri dari Youtube, Instagram, Twitter, serta Weverse dan juga visual fisik akan para member dari masing - masing Idol grup yang siswa sukai, video music, lagu, dan koreografi yang menjadikan para siswa menyukai KoreanPop. 2) Religiusitas siswa yang meliputi keyakinan,pemahaman, dan tata sikap siswa MA 45 Gianyar tidak ada perubahan dan tidak
terpengaruh dengan nilai – nilai dalam menyukai Korean Pop dikarenakan disekolah menjadikan pelajaran agama lebih banyak daripada Pelajaran umum lainnya dan 3) Dampak bisa didapat positif dan negatif. Positifnya Motivasi belajar yang tinggi serta bisa belajar budaya dan bahasa asing kemudian untuk dampak negatifnya siswa sering bergadang dan sering berkhayal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri Uswatun Khasanah
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:18
Last Modified: 09 Jan 2024 03:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31774

Actions (login required)

View Item View Item