IMPLEMENTASI PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA TERHADAP PENGGUNAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA TAHUN ANGGARAN 2022 DESA KALIGONDO KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI

Nurjanah, Liska (2023) IMPLEMENTASI PENGAWASAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA TERHADAP PENGGUNAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DESA TAHUN ANGGARAN 2022 DESA KALIGONDO KECAMATAN GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LISKA NURJANAH_NIM. S20193026.pdf

Download (5MB)

Abstract

Liska Nurjanah, 2023 : Implementasi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Penggunaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (Studi Kasus Wadung Dolah Desa Kaligondo Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi)
Kata Kunci: Pengawasan, Badan Pengawasan Desa (BPD), Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa
Badan Permusyawaratan Desa adalah mitra kepala Desa untuk dapat melaksanakan wewenang dan tugasnya. Keanggotaan BPD merupakan wakil dari penduduk desa yang mana didasarkan atas keterwakilan wilayah yang pengisiannya dilaksanakan secara demokratis. Desa kaligondo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi, yang mana merupakan salah satu desa yang mempunyai badan permusyawaratan desa.
Fokus Penelitian Skripsi ini adalah 1. Bagaimana Implementasi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Wadung Dolah terhadap penggunaan Anggaran APBD di Desa Kaligondo? 2.Apa saja faktor penghambat dalam Implementasi Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Wadungdolah terhadap APBD di Desa Kaligondo? Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk menganalisa Peranan BPD Wadungdolah Desa Kaligondo Kecamatan Genteng 2. Untuk menganalisa Pengawasan BPD Wadungdolah terhadap Anggaran APBD di Desa Kaligondo Kecamatan Genteng.
Pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian empiris (lapangan); di mana jenis penelitian tersebut berhubungan dengan menganalisis atau menggambarkan terkait peristiwa, sikap, fenomena, ide pikiran ataupun kelompok, dan sosial. Untuk penelitian yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif adalah untuk mengumpulkan data melalui observasi dokumentasi dan juga wawancara yang dilakukan secara langsung kepada pihak-pihak yang berkaitan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1. yaitu bahwa BPD dalam menjalankan tugasnya untuk melakukan pengawasan yang sudah diamanatkan oleh beberapa peraturan , terhadap pengawasan BPD Kaligondo untuk APB Desa Kaligondo Tahun 2022 dirasa tidak efektif. 2. yaitu ada beberapa faktor-faktor penghambat sebagai berikut: a. penghambat dari pelaksanaan fungsi dan tugasnya dari BPD di Wadungdolah desa Kaligondo ya itu karena masih belum lengkapnya sarana dan prasarana fasilitas yang dimiliki sehingga ada beberapa kegiatan masih ada hambatan, b. masyarakat masih belum bisa berpartisipasi dalam penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan oleh BPD Wadungdolah di desa Kaligondo dikarenakan mereka kurang aktif dan juga tidak terlalu antusias untuk dapat menyampaikan aspirasinya dan biaya operasional untuk anggota permusyawaratan desa kurang mencukupi sehingga membuat anggota BPD dalam menjalankan fungsi dan peranannya belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180107 Conflict of Laws (Private International Law)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Liska Nurjanah
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:30
Last Modified: 09 Jan 2024 02:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31775

Actions (login required)

View Item View Item