PERAN NYAI DALAM PROBLEMATIKA BELAJAR SANTRI KELAS ASKIM DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI AL-HUSNA JEMBER TAHUN 2022/2023

Lailatunni'mah, Siti (2024) PERAN NYAI DALAM PROBLEMATIKA BELAJAR SANTRI KELAS ASKIM DI PONDOK PESANTREN MAHASISWI AL-HUSNA JEMBER TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI LAILATUNNI’MAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Lailatunni’mah, 2023: Peran Nyai dalam Problematika Belajar santri Kelas Askim di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember Tahun 2022/2023.

Kata Kunci: Peran, Nyai, Problematika Belajar, Santri
Berbagai upaya pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember telah dilakukan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi santri dalam belajar. Salah satunya adalah membentuk kelas khusus agar dalam membimbing dan membina lebih fokus dan terarah kepada para santri yang mengalami masalah dalam belajar. Kelas tersebut bernama Askim. Kelas Askim tersebut dikoordinir langsung oleh bu Nyai Isniahtul Uliyah. Peran bu nyai dalam mengatasi berbagai problem belajar santri sangat diperlukan. Bu Nyai dapat berperan sebagai guru ngaji, berperan sebagai motivator, dan berperan sebagai orang tua kedua bagi santri. Fokus Penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Nyai sebagai guru ngaji dalam problematika belajar santri kelas Askim di Pondok Pesantren Al-Husna Jember Tahun 2022/2023? 2) Bagaimana Peran Nyai sebagai motivator dalam problematika belajar santri kelas Askim di Pondok Pesantren Al-Husna Jember Tahun 2022/2023? 3) Bagaimana Peran Nyai sebagai Orang Tua Kedua dalam problematika santri Kelas Askim di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember Tahun 2022/2023?
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif: jenis penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini digunakan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Adapun Teknik dalam pengumpulan skripsi ini adalah Observasi, Wawancara. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), verifikasi dan penarikan kesimpulan (verivication and conclutions drawing). Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik. Tahap-tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap penelitian lapangan, dan tahap akhir penelitian.
Hasil dari penelitian di lapangan, peneliti menarik kesimpulan bahwa peran Nyai dalam problematika belajar santri kelas Askim di Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Husna Jember memiliki tiga peran yakni peran sebagai guru ngaji, motivator dan sebagai orang tua kedua santri. Sebagai guru ngaji Nyai menggunakan beberapa metode dan sumber- sumber pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan santri, evaluasi yang digunakan menggunakan metode tes lisan, tes tulis dan tes praktik. Peran Nyai sebagai motivator dengan menjadikan dirinya suri tauladan serta memberikan motivasi serta wejangan kepada santri. Peran Nyai sebagai orang tua kedua yakni dengan memberikan kasih sayang penuh serta memberikan fasilitas-fasilitas yang memadai untuk santri agar dapat menunjang semangat santri untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Siti Lailatunni'mah
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:11
Last Modified: 09 Jan 2024 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31780

Actions (login required)

View Item View Item