Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Lingkungan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2023

Faza Fariha, Naili (2023) Implementasi Program Adiwiyata Dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Lingkungan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naili Faza Fariha _T20181495.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Naili Faza Fariha, 2023: Implementasi Program Adiwiyata dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Lingkungan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024.

Kata kunci: program adiwiyata, pembinaan akhlak terhadap lingkungan, SMP Negeri 1 Arjasa

Masalah pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi manusia, terutama di Indonesia. Akibat dari pencemaran lingkungan sangat berbahaya sehingga kualitas lingkungan menjadi berkurang atau fungsinya tidak sesuai dengan semestinya. Kaitannya dengan hal itu perlu adanya pembinaan akhlak terhadap lingkungan sejak dini yaitu melalui lingkungan pendidikan. Program adiwiyata merupakan suatu program untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Dengan adanya program adiwiyata secara tidak langsung dapat digunakan sebagai wadah untuk membina akhlak siswa terhadap lingkungan,
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagzaimana Implementasi Program Adiwiyata dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Lingkungan di SMP Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024?, 2). Bagaimana Hambatan-hambatan Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Pembinaan Akhlak Terhadap Lingkungan di SMP Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan implementasi program adiwiyata dalam pembinaan akhlak terhadap lingkungan di SMP Negeri 1 Arjasa tahun pelajaran 2023/2024, 2). Mendeskripsikan hambatan-hambatan implementasi program adiwiyata dalam pembinaan akhlak terhadap lingkungan di SMP Negeri 1 Arjasa Tahun Pelajaran 2023/2024.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Implementasi program adiwiyata di SMP Negeri 1 Arjasa ini diawali dengan perencanaan yang dilakukan dengan mengacu kepada visi-misi dan tujuan sekolah yang telah terintegrasi dengan program adiwiyata dengan mengembangkan buku satu kurikulum. Kemudian dalam pelaksanaannya melalui pengembangan kelompok kerja yang diintegrasikandengan tujuan program adiwiyata berupa kegiatan kebersihan, fungsi sanitasi dan drainase, pengelolaan bank sampah, serta konservasi air. 2) Faktor hambatan dalam implementasi program adiwiyata dalam pembinaan akhlak di SMP Negeri 1 Arjasa yaitu sulitnya membiasakan warga sekolah maupun luar sekolah untuk membuang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naili Faza Fariha
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:57
Last Modified: 09 Jan 2024 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31781

Actions (login required)

View Item View Item