PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI BELADIRI TAPAK SUCI DI PONDOK PESANTREN INSAT (Integrated Science and Tahfidz) MUHAMMADIYAH BANYUWANGI

nur verdana, azzie (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI BELADIRI TAPAK SUCI DI PONDOK PESANTREN INSAT (Integrated Science and Tahfidz) MUHAMMADIYAH BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AZZIE NUR VERDANA _T20191219 watermark_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Azzie Nur Verdana, 2023 : Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Bela Diri Tapak Suci di Pondok Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Tapak Suci

Penelitian ini memiliki latar belakang dengan alasan bahwa ketika menjadi seorang pesilat Tapak Suci bukan berarti setiap latihannya hanya mempelajari tentang jurus-jurus dan ilmu bela diri saja. Penanaman karakter di setiap latihan selalu disisipkan kepada para siswanya. Penanaman karakter pada beladiri tapak suci yang terlihat antara lain berupa karakter disiplin dan karakter tanggung jawab. Karakter tersebut sudah menjadi satu dan saling melengkapi tentang bagaimana penanaman karakter yang diajarkan di pondok pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) Mengetahui keadaan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa yang ada di pondok pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi (2) Menjelaskan bagaimana penerapan penanaman karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di pondok pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi (3) Menjelaskan bagaimana penerapan penanaman karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di pondok pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan teknik: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teori analisis dari Miles dan Huberman, yang diantaranya adalah: pengumpulan data (Data Collection), Kondensasi data ( Condensation Data), Penyajian data (Data Display), Verifikasi ( Penarikan Kesimpulan). Lokasi penelitian yang di pilih adalah Pondok Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi.
Hasil analisis menunjukkan: (1) Keadaan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di pondok pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi (2) Penanaman karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di pondok pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi (3) Penanaman karakter tanggung jawab m elalui kegiatan ekstrakurikuler Tapak Suci di pondok pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azzie Nur Verdana
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:39
Last Modified: 09 Jan 2024 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31782

Actions (login required)

View Item View Item