Analisis Pinjaman Dana BUMDES Dalam Menunjang Kegiatan Usaha Masyarakat Desa Ditinjau Dari Akad Qordh (Studi Kasus Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso)

Auladi, Ilwan (2024) Analisis Pinjaman Dana BUMDES Dalam Menunjang Kegiatan Usaha Masyarakat Desa Ditinjau Dari Akad Qordh (Studi Kasus Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ILWAN AULADI_S20192074.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ilwan Auladi, 2023: ANALISIS PINJAMAN DANA BUMDES DALAM MENUNJANG KEGIATAN USAHA MASYARAKAT DESA DITINJAU DARI AKAD QARDH (Studi Kasus Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso)

PINJAMAN untuk mendukung kegiatan usaha masyarakat Desa merupakan salah satu kegiatan BUMDES. Segala aktivitas ekonomi dan pelayanan umum yang dikelola oleh Desa atau melalui kerja sama antar Desa, dapat diorganisir melalui keberadaan BUMDES. BUMDES tidak hanya bertujuan untuk mencari keuntungan semata, melainkan juga untuk memajukan perekonomian masyarakat dengan mengelola potensi yang dimiliki oleh Desa. Fokus BUMDES adalah menggali peluang, mengoptimalkan kapasitas, dan menciptakan sinergi antara berbagai sektor di Desa.
Penelitian ini digunakan untuk mengungkap mengenai, 1. Bagaimana prosedur kegiatan PINJAMAN pada BUMDES Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso? 2. Bagaimana kegiatan PINJAMAN pada BUMDES Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso ditinjau dari akad Qardh?
Tujuan penelitian ini ialah 1. Mendeskripsikan penyelenggaraan kegiatan PINJAMAN BUMDES Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso. 2. Mengkaji kegiatan PINJAMAN pada BUMDES Desa Wringin Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso berdasarkan akad Qardh.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Pendekatan ini melibatkan penggunaan teknik wawancara dan analisis dokumen dalam proses penelitian. Analisis data yang diterapkan oleh peneliti adalah analisis deskriptif. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah :1. Aktivitas pemberian modal usaha melalui sistem pinjaman yang dilakukan oleh BUMDES di Desa Wringin memiliki tujuan memberikan dukungan keuangan kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha mereka. Dengan adanya program pinjaman ini, BUMDES berperan penting dalam membantu meningkatkan perekonomian di Desa Wringin, terutama mengingat bahwa Desa Wringin memiliki jumlah penduduk yang paling besar di Kecamatan Wringin. Selain itu, banyaknya pengangguran di Desa ini disebabkan oleh kurangnya modal untuk membuka usaha, sehingga keberadaan kegiatan pinjaman BUMDES sangat signifikan dalam memberikan solusi atas permasalahan tersebut.2. Kegiatan pinjaman pada BUMDES Desa Wringin, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, tidak sesuai dengan akad qardh karena adanya system riba dalam kegiatannya
Kata Kunci: Analisis, PINJAMAN, BUMDES, Akad Qardh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012714 al-Qardh (Hutang-piutang)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mr Ilwan Auladi
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:27
Last Modified: 10 Jan 2024 02:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31787

Actions (login required)

View Item View Item