IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM PEMBELAJARAN PENGENALAN BERHITUNG DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL ULUM JAMBESARI LENGKONG MUMBULSARI JEMBER

Mukti, Ali IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA SEMPOA DALAM PEMBELAJARAN PENGENALAN BERHITUNG DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL ULUM JAMBESARI LENGKONG MUMBULSARI JEMBER. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian.pdf

Download (752kB)

Abstract

Ali Mukti, 2021; Implementasi Penggunaan Sempoa dalam Pembelajaran Pengenalan Berhitung di Taman Kanak-kanak Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember.
Kata Kunci: Sempoa, Pembelajaran Berhitung, PAUD
Berhitung merupakan salah satu pembelajaran yang penting diajarakan sejak usia dini, salah satunya di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pembelajaran berhitung dalam penerapannnya tidak mudah apalagi dalam pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini yang mana anak masih berada dalam rentang usia dini. Guru harus memiliki strategi ataupun media khusus dalam menyampaikan pembelajaran berhitung. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran berhitung adalah media sempoa. Media ini dapat digunakan salah satu media alternatif yang dapat digunakan di lembaga PAUD.
Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember dengan fokus penelitiannya antara lain. 1) Bagaimana penggunaan media sempoa dalam Pembelajaran Pengenalan Berhitung di Taman Kanak-kanak Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember?., 2). Bagaiman kelemahan penggunaan media sempoa dalam Pembelajaran Pengenalan Berhitung di Taman Kanak-kanak Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah; 1) Untuk mendiskripsikan penggunaan media sempoa dalam Pembelajaran Pengenalan Berhitung di Taman Kanak-kanak Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember?., 2). Untuk mendiskripsikan kelemahan penggunaan media sempoa dalam Pembelajaran Pengenalan Berhitung di Taman Kanak-kanak Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember?
Penelitian ini merupakan penelitian kuliatatif deskriptif dengan melalui studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kondensasi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah ; 1) Penggunaan sempoa di TK Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember dilaksanakan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler yang dijadwalkan satu minggu satu kali pada setiap hari rabu, terdapat langkah-langkah yang dilakukan diantaranya yaitu langkah awal dan langkah inti serta langkah akhir. Guru juga menerapkan cara dengan melakukan tanya jawab cepat antara guru dengan peserta didik secara berulang ulang.
Kelemahan penggunaan media sempoa dalam pembelajaran pengenalan berhitung di TK Darul Ulum Jambesari Lengkong Mumbulsari Jember terdapat adanya beberapa peserta didik yang kurang fokus sehingga ketika praktek menggunakan sempoa anak masih perlu diarahkan supaya fokus kembali pada pembelajaran. Selain itu faktor tingkat kecerdasan kognitif yang berbeda-beda juga dapat berpengaruh terhadap daya tangkap anak dalam menggunakan media sempoa serta faktor minat juga berpengaruh dalam penggunaan media sempoa.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ali Mukti
Date Deposited: 17 Nov 2021 22:30
Last Modified: 17 Nov 2021 22:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item