PEMBERIAN STIKER BINTANG SEBAGAI REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI BUSTANUL ULUM 07 TUTUL BALUNG TAHUN AJARAN 2023/2024

Fajri, Afwanul (2023) PEMBERIAN STIKER BINTANG SEBAGAI REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI BUSTANUL ULUM 07 TUTUL BALUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Afwanul Fajri T20194134.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Afwanul Fajri, 2023: Pemberian Stiker Bintang sebagai Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Bustanul Ulum 07 Tutul Balung Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN KHAS Jember. Dosen Pembimbing Dr. H Mustajab, M. Pd. I.

Kata Kunci: Pengaruh, Stiker Bintang, Reward, Motivasi Belajar.

Reward adalah alat pendidikan dimana alat ini untuk mendidik anak-anak supaya anak merasa senang karena perbuatan atau pekerjaanya mendapat penghargaan. Umumnya, anak akan mengetahui bahwa pekerjaan atau perbuatannya yang menyebabkan ia mendapat reward. Selanjutnya, pendidik bermaksud supaya dengan reward stiker bintang tersebut anak menjadi giat lagi usahanya untuk memperbaiki dan mempertinggi prestasi yang telah dicapainya.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana implementasi pembelajaran dengan pemberian stiker bintang sebagai reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum 07 Tutul Balung tahun ajaran 2022/2023? 2) bagaimana implikasi pembelajaran dengan pemberian stiker bintang sebagai reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum 07 Tutul Balung tahun ajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan implementasi pemberian stiker bintang sebagai reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum 07 Tutul Balung tahun ajaran 2022/2023 2) mendeskripsikan implikasi pembelajaran dengan pemberian stiker bintang sebagai reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum 07 Tutul Balung tahun ajaran 2022/2023?
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan. Dimana tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, serta menghasilkan gambaran akurat serta pengetahuan yang dapat digunakan dalam mendeskripsikan tentang suatu gejala atau fenomena yang terjadi di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan kualitatif ini dipilih oleh penulis karena dapat mengungkap data secara mendalam tentang implementasi, implikasi, faktor penghambat dan pendukung pemberian stiker bintang sebagai reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di MI Bustanul Ulum 07 Tutul Balung tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam implementasi guru memberikan stiker bintang sesuai pengamatannya saat proses pembelajaran berlangsung, ada tiga jenis stiker bintang yakni stiker bintang prestasi, tertib dam tugas. 2) implikasi pembelajaran yang diperoleh yakni peserta didik semakin aktif dan termotivasi untuk belajar lebih sungguh-sungguh karena dengan iming-iming stiker bintang yang mana jika memperoleh stiker bintang dalam jumlah banyak akan mendapatkan reward dari guru di akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Stiker Bintang, Reward, Motivasi Belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Afwanul Fajri
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:50
Last Modified: 10 Jan 2024 02:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31794

Actions (login required)

View Item View Item