Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Nur Hasanah, Arin (2023) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Arin Nur Hasanah_T20191390.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Arin Nur Hasanah, 2023: Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Ajaran 2022/2023.

Kata kunci: problematika, pembelajaran, pendidikan agama Islam

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan atau problem-problem yang terjadi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji. Problem-problem tersebut disebabkan karena beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dalam mencapai keberhasilan belajar pendidikan agama Islam. Problem-problem yang dialami dapat berupa problematika intern dan problematika ekstern.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana problematika intern dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji?, 2) Bagaimana problematika ekstern dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan problematika intern dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji, 2) Mendeskripsikan problematika ekstern dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dengan jenis nonparsitipatif, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersumber dari model analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) problematika intern dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji antara lain problem lingkungan madrasah berupa sarana dan prasarana yang dimiliki masih kurang memadai misalnya pengadaan buku paket dan proyektor, problem pendidik berupa masih belum terbiasa dalam menggunakan metode dan media yang bervariasi sehingga dapat menurunkan motivasi belajar peserta didik, problem peserta didik berupa kurangnya pengalaman dan masih lemahnya motivasi misalnya kurangnya pengalaman peserta didik terhadap membaca Al-Qur’an yang menyebabkan peserta didik kesulitan pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis., 2) Problematika ekstern dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Rambipuji yaitu terkait dengan problem orang tua berupa kurangnya perhatian orang tua kepada peserta didik, penyebabnya adalah orang tua yang pergi bekerja ke luar negeri, bercerai, atau tidak memiliki waktu luang di rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Arin Nur Hasanah
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:44
Last Modified: 09 Jan 2024 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31795

Actions (login required)

View Item View Item