PERAN AYAH DALAM HUKUM KELUARGA ISLAM BERDASARKAN TEORI PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

Afroza, Karina Sabilla Putri (2023) PERAN AYAH DALAM HUKUM KELUARGA ISLAM BERDASARKAN TEORI PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Karina Sabilla S20191160-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Karina Sabilla Putri Afroza, 2023: Analisis Hukum Islam Terhadap Teori Psikoanalisis Sigmund Freud Tentang Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak.
Pengasuhan yang melibatkan sosok ayah, berdampak positif bagi perkembangan anak. Perkembangan tersebut meliputi perkembangan pada bidang kognitif, motorik, bahasa dan keterampilan sosial. Seorang ayah yang mempunyai ikatan emosional dengan anak-anaknya memengaruhi keterampilan sosial orang-orang di sekitarnya. Ayah yang mampu membangun suasana harmonis dalam rumah dapat mempengaruhi sikap sosial anak terhadap remaja.
Pada penelitian ini terdapat 2 fokus penelitian, yakni: 1) Bagaimana peran ayah dalam tumbuh kembang anak menurut hukum Islam? 2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap peran ayah dalam tumbuh kembang anak menurut Teori Psikoanalisis Sigmund Freud?
Serta, dalam penelitian ini terdapat 2 tujuan yaitu: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan peran ayah dalam tumbuh kembang anak menurut hukum Islam. 2) Menganalisis dan mendeskripsikan hukum islam terhadap peran ayah dalam tumbuh kembang anak menurut Teori Psikoanalisis Sigmund Freud.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian hukum normatif (normative legal research). Peneliti menggunakan pendekatan konsep (conceptual approach) dalam penelitian ini.
Hasil penelitian: 1) Peran ayah yang dipaparkan dalam penafsiran Hukum Islam, terlebih khusus al-Qur’an dan hadis adalah menjadi pemimpin, pelindung, mendoakan kebaikan untuk anak, memberi nasihat, memutuskan perkara dengan bijaksana serta mencurahkan rasa kasih kepada anak. Peran ayah yang dikisahkan al-Qur’an dan hadis ini menjadi teladan terhadap keterlibatan seorang ayah pada anak agar memiliki karakter yang tangguh. Sehingga dapat dinilai bahwasannya peran ayah begitu penting dalam tumbuh ke bang anak, bahkan dalam Hukum Islam pun diatur pengasuhan anak oleh ayah. 2) Beberapa peran ayah yang tertulis dalam al-Qur’an dan hadis mengenai tumbuh kembang anak, jika dilihat berdasarkan teori Psikoanalisis Sigmund Freud peran ayah terletak pada posisi superego. Posisi ini dikarenakan ayah sebagai tameng anak untuk selalu berbuat baik dan terhindar dari hal hal buruk. Selain itu peran ayah adalah untuk mengajarkan anak nilai nilai moral dan etik.
Kata Kunci: Peran ayah, Psikoanalisis Sigmund Freud

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180115 Intellectual Property Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012813 Hadhanah (Child Custody, Guardianship)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012899 Islamic Family Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Karina Sabilla Putri Afroza
Date Deposited: 11 Jan 2024 04:28
Last Modified: 11 Jan 2024 04:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31800

Actions (login required)

View Item View Item