Siti, Khasanah (2023) Penerapan metode bermain peran dalam pembentukkan sosial emosional anak di taman kanak-kanak PGRI Sempolan. Undergraduate thesis, UIN Khas Jember.
Text
Siti Khasanah _T20195056.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siti. Hasanah, 2023: Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Pembentukkan
Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Sempolan
Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Sosial Emosional,
Di Taman Kanak-kanak PGRI Sempolan menerapkan Metode bermain
peran yang digunakan untuk membentuk sosial emosional anak dikarnakan anak
tersebut kurang memiliki rasa percaya diri dan anak juga kurang berinteraksi
dengan orang sekitarnya. Taman Kanak-Kanak PGRI Sempolan ini untuk
metode bermain peran dalam pembentukkan sosial emosional anak dengan
kegiatan yang membuat anak tidak bosan di saat kegiatan metode bermain peran.
Fokus penelitian 1) Bagaimana strategi pengelolahan pembelajaran
dalam penerapan metode bermain peran dalam pembentukkan sosial emosional
anak di TK PGRI Sempolan? 2) Bagaimana strategi perorganisasian
pembelajaran dalam penerapan metode bermain peran dalam pembentukkan
perkembangan sosial emosional anak di TK PGRI Sempolan? 3) Bagaimana
strategi penyamapaian pembelajaran dalam penerapan metode bermain peran
dalam pembentukkan sosial emosional anak di TK PGRI Sempolan?.
Adapun tujuan penelitian. 1) Mendeskripsikan strategi pengolahan
pembelajaran dalam penerapan metode bermain peran dalam pembentukkan
sosial emosional anak di TK PGRI Sempolan 2) Mendeskripsikan strategi
perorganisasian pembelajaran dalam penerapan metode bermain peran dalam
pembentukkan perkembangan sosial emosional anak di TK PGRI Sempolan 3)
Mendeskripsikan strategi penyamapaian pembelajaran dalam penerapan metode
bermain peran dalam pembentukkan sosial emosional anak di TK PGRI
Sempolan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
diskriptif studi kasus atau biasa disebut case studies. Teknik penentuan subjek
penelitian menggunakan teknik purposeful sampling atau disebut juga purposive
sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan
observasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian adalah
analisis data model teknik interaktif Miles dan Hubermen yang mencakup;
kondensasi data, penyajian data menggunakan kondensasi data. Adapun
keabsahan data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber dan Triangulasi
Teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa; 1) Pengolahan
pembelajaran dalam penerapan metode bermain peran dalam pembentukkan
sosial emosional anak di TK PGRI Sempolan berkaitan dengan tema
pembelajaran yang telah dijadwalkan penggunaan. 2) Perorganisasian
pembelajaran dalam penerapan metode bermain peran dalam pembentukkan
perkembangan sosial emosional anak di TK PGRI Sempolan berkaitan dengan
pemilihan materi, yang mencakup; sequencing dan synthesizing. 3)
Penyamapaian pembelajaran dalam penerapan metode bermain peran dalam
pembentukkan sosial emosional anak di TK PGRI Sempolan meliputi meliputi
pengunaan tugas video refrensi dan media flashcard.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Siti Khasanah |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 04:16 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 04:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31802 |
Actions (login required)
View Item |