PERAN KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI AKSI PREMANISME BERDASARKAN HUKUM ISLAM (STUDI DI KEPOLISIAN SEKTOR PUGER JEMBER)

HASBY, ROSYADY (2024) PERAN KEPOLISIAN DALAM MENANGGULANGI AKSI PREMANISME BERDASARKAN HUKUM ISLAM (STUDI DI KEPOLISIAN SEKTOR PUGER JEMBER). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
EDIT LAGI Skripsi Lengkap Hasby Revisi Sidang 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasby Rosyady, 2023: Peran Kepolisian Dalam Menanggulangi Aksi Premanisme Berdasarkan Hukum Islam (Studi Di Kepolisian Sektor Puger Jember)

Kata Kunci: Peran Kepolisian, Aksi Premanisme, Hukum Islam

Aksi premanisme merupakan tindakan yang dapat dikategorikan sebagai kejahatan dan dapat dikenakan pidana bagi pelakunya. Penelitian ini memiliki fokus pembahasan yang berangkat dari problem aksi premanisme yang terjadi di Kecamatan Puger. Dalam hal ini Pihak Kepolisian selaku lembaga yang memiliki tugas dan kewajiban terhadap ketertiban umum, sudah secara konsekuen menjadi garda terdepan untuk menanggulangi aksi ini. Peran kepolisian dalam menanggulangi aksi premanisme akan dianalisis berdasarkan hukum positif dan hukum Islam.
Fokus penelitian yang di bahas: 1) Apa faktor yang menyebabkan terjadinya aksi premanisme di wilayah Puger?, 2) Bagaimana peran kepolisian dalam menertibkan aksi kejahatan premanisme yang terjadi di wilayah hukum Polsek Puger?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya aksi premanisme di wilayah Puger. 2) Untuk mendeskripsikan peran kepolisian dalam menertibkan aksi kejahatan premanisme yang terjadi di wilayah hukum Polsek Puger.
Metode penelitian yang digunakan adalah merujuk pada problematika yang diangkat, maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat yuridis-empiris. Penelitian ini dilakukan di lokasi Kecamatan Puger. Melalui tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi, penjabaran dan penarikan kesimpulan terhadap data. Dan menggunakan metode triangulasi sebagai teknik mencari keabsahan data berupa triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Faktor yang menyebabkan terjadinya aksi premanisme di wilayah Puger dapat diklasifikasikan menjadi tiga faktor yaitu: Pertama adalah faktor ekonomi. Kedua adalah faktor tidak adanya lapangan pekerjaan yang layak dan memadai. Ketiga adalah faktor kurangnya edukasi dan tidak didapatkannya pendidikan yang layak. 2) Peran kepolisian dalam menertibkan aksi kejahatan premanisme yang terjadi di wilayah hukum Polsek Puger adalah sesuai dengan fungsi lembaga Kepolisian dalam Pasal 2 UU Kepolisian dan wewenang serta tugas pokok Kepolisian dalam Pasal 14 UU Kepolisian. Peran Polsek Puger dalam menertibkan aksi premanisme di wilayah Puger terbagi ke dalam dua kategori penindakan yaitu sebagai berikut: Pertama, Tindakan yang bersifat preventif. Kedua, Tindakan yang bersifat represif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: mr Hasby Rosyady
Date Deposited: 09 Jan 2024 04:25
Last Modified: 09 Jan 2024 04:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31811

Actions (login required)

View Item View Item