Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Pembelajaran Diorama Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Ambulu

Safitri, Navisa Indah (2023) Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Pembelajaran Diorama Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ma'arif Ambulu. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NAVISA INDAH SAFITRI__T20191114.pdf

Download (2MB)

Abstract

Navisa Indah Safitri, 2023 : “Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Pembelajaran Diorama Kelas VII di Madrasah Tanawiyah Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024”

Kata Kunci : Pelajaran Akidah Akhlak, Media Pembelajaran Diorama

Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak saat ini perlu adanya sebuah inovasi baru dalam proses pembelajaran berlangsung. Salah satu inovasi yang diterapkan oleh guru pada tahun pelajaran 2023/2024 di Lembaga MTs. Ma’arif Ambulu yaitu Memanfaatkan Media Pembelajaran Diorama dengan tujuan agar siswa lebih aktif dan senang ketika pembelajaran berlangsung.
Fokus penelitian ini sebagai berikut, 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak melalui media pembelajaran diorama kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak melalui media pembelajaran diorama kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif ambulu tahun pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran akidah akhlak melalui media pembelajaran diorama kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Ambulu tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis studi kasus. Dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada analisis data menggunakan model analisis data Miles, Huberman dan Saldana yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data dalam menguji menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Pada peneliltian ini mendapatkan kesimpulan sebagai berikut 1) Perencanaan pembelajaran terdapat 5 unsur yaitu, a) penentuan tujuan pembelajaran akidah akhlak melalui media pembelajaran diorama dan tujuan kompetensi, b) penetapan materi pelajaran tentang keteladana Nabi Sulaiman, c) penetapan sumber belajar dengan LKS dan buku paket, dan media ajar yaitu dengan media Diorama d) penetapan metode pembelajaran yaitu ceramah dan diskusi kelompok, e) penilaian siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu, a) membuka pelajaran, b) menyampaikan materi, c) menggunakan metode pembelajaran, d) meggunakan media pembelajaran, e) menutup pelajaran. 3) Evaluasi pemanfaatan media pembelajaran dilakukan dengan cara observasi di dalam kelas, yaitu dengan pada saat diskusi berlangsung, presentasi, dan juga degan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda dan juga essay, yaitu dengan hasil siswa mampu dan sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Navisa Indah Safitri
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:52
Last Modified: 09 Jan 2024 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31814

Actions (login required)

View Item View Item