Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Sundari, Sundari (2024) Internalisasi Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sundari_T20171055.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia dikenal dengan keragaman suku, budaya, bahasa, dan agama. Keragaman ini menjadikan masyarakat Indonesia memiliki beragam cara pandang dan kepentingan yang berbeda, termasuk dalam konteks keberagamaan. Permasalahan yang dihadapi Indonesia semakin kompleks dari waktu ke waktu, termasuk masalah agama, pendidikan, politik, hukum, sosial, budaya, dan ekonomi. Dalam beberapa tahun terakhir, muncul tindakan intoleransi dan radikalisme atas nama agama yang meresahkan. Oleh karena itu, pemerintah menjadikan moderasi beragama sebagai program utama. Moderasi beragama ditujukan untuk menghindari sikap ekstrem dan intoleransi serta menciptakan kerukunan antar umat beragama. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) jenis studi kasus. Teknik Penentuan Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2023/2024. 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai anti kekerasan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2023/2024. Tujuan penelitian yakni 1) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2023/2024. 3) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai anti kekerasan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X di SMK Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai nasionalisme dilakukan melalui pembelajaran dan kegiatan upacara, tawasul, serta peringatan hari besar. 2) internalisasi nilai moderasi beragama aspek toleransi yang dilakukan oleh pendidik kepada peserta didik yang didukung oleh seluruh masyarakat dengan bentuk penghayatan mencapai ke dalam tahap moral action. 3) Internalisasi nilai- nilai nasionalisme dilakukan melalui dalam pembelajaran akidah akhlak melalui doa, candaan, motivasi, dan kerja kelompok untuk membuat film tentang anti kekerasan, bullying, dan menghindari kekerasan.
Kunci : Moderasi Beragama, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Sundari Sundari
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:19
Last Modified: 09 Jan 2024 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31815

Actions (login required)

View Item View Item