Program Excellent Character: Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Aktivitas Religius Di SMP Intensif Al-Musthofa Kabupaten Banyuwangi

Prebianti, Rina (2023) Program Excellent Character: Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Aktivitas Religius Di SMP Intensif Al-Musthofa Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rina Prebianti_T20191307.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program excellent character merupakan program intensif dari Yayasan Pesantren Islam dan Sosial Al-Musthofa yang berfungsi sebagai lembaga induk (Holding Institution) yang menaungi satuan pendidikan formal, salah satunya adalah SMP Intensif Al-Musthofa sebagai unit yang turut menjalankan program excellent character. Program ini dibentuk dengan haluan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang termuat dalam program excellent character kepada peserta didik. Nilai-nilai karakter tersebut diantaranya: 1) musammih, 2) umana’, 3) harits, 4) adib, 5) mufakkir, 6) muhaqqiq, 7) ‘ashil, dan 8) dhuror. Salah satu cara atau strategi yang dilakukan di SMP Intensif Al-Musthofa untuk menanamkan nilai-nilai karakter ini adalah melalui pembiasaan aktivitas religius, seperti: apel pagi (Morning Assembly), pembacaan asmaul husna bersama, salat berjamaah (salat duha, salat duhur, dan salat jumat bagi laki-laki), murojaah surah pendek selepas salat, pembiasaan berdoa dalam keseharian, membiasakan 5S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), serta menjaga kebersihan lingkungan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana konsep program excellent character melalui pembiasaan aktivitas religius di SMP Intensif Al-Musthofa Kabupaten Banyuwangi?. 2) Bagaimana pelaksanaan program excellent character melalui pembiasaan aktivitas religius di SMP Intensif Al-Musthofa Kabupaten Banyuwangi?. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan mengenai konsep program excellent character melalui pembiasaan aktivitas religius di SMP Intensif Al-Musthofa Kabupaten Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan mengenai pelaksanaan program excellent character melalui pembiasaan aktivitas religius di SMP Intensif Al-Musthofa Kabupaten Banyuwangi.
Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dipakai untuk melakukan pengkajian lebih mendalam mengenai topik penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana. Sementara untuk membuktikan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian: 1) Program excellent character merupakan program intensif di SMP Intensif Al-Musthofa yang menjadi acuan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik. Salah satu cara atau strategi yang dipakai dalam menanamkan nilai-nilai karakter ini yaitu melalui pembiasaan aktivitas religius. 2) Pelaksanaan program excellent character melalui pembiasaan aktivitas religius dilakukan dengan melaksanakan secara rutin aktivitas religius kepada peserta didik yang diawali dengan pemberian instruksi dan arahan sehingga pada akhirnya mampu terbentuk menjadi suatu kebiasaan. Melalui pembiasaan aktivitas religius ini terdapat empat nilai karakter yang dapat terimplementasikan dengan baik yaitu: musammih, umana’, harits, dan adib.
Kata kunci: Program Excellent Character, Nilai-nilai Karakter, Pembiasaan Aktivitas Religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Rina Prebianti
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:42
Last Modified: 10 Jan 2024 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31820

Actions (login required)

View Item View Item