Prinsip Good Governance Dalam Program TILIK Desa Pengadilan Negeri Jember Untuk Memudahkan Masyarakat Desa Mendapatkan Layanan Hukum Sistem E-Court Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe.

Lovea, Romadhona NKN (2023) Prinsip Good Governance Dalam Program TILIK Desa Pengadilan Negeri Jember Untuk Memudahkan Masyarakat Desa Mendapatkan Layanan Hukum Sistem E-Court Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bismillah Lovea Kelar.pdf

Download (14MB)

Abstract

Lovea Romadhona N.K.N, 2023: Prinsip Good Governance Dalam Program TILIK Desa Pengadilan Negeri Jember Untuk Memudahkan Masyarakat Desa Mendapatkan Layanan Hukum Sistem E-Court Di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe.

Kata Kunci: Good Governance, TILIK Desa, E-Court.

Terlaksananya Pemerintahan yang baik (Good Governance) merupakan prasyarat bagi pemerintah dalam upaya mewujudkan cita-cita masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Namun Indonesia masih belum terbilang memadai pada proses pelayanan di Pengadilan. Hal ini karena Pengadilan belum dapat melakukan pemeriksaan gugatan awal secara elektronik melalui suatu platform khusus yang terdedikasi khusus; Pengadilan belum dapat melakukan pengiriman panggilan terhadap pihak berperkara secara elektronik; Pengadilan belum dapat menyediakan pembayaran perkara secara elektronik. Karena hal tersebut Mahkamah Agung melakukan sebuah lompatan besar dengan membuat sistem Pengadilan Elektronik (E-Court) yang diharapkan dapat memudahkan para pencari keadilan dalam proses beracara di Pengadilan. Pengadilan Negeri Jember menjalankan sistem E-court mulai dari tahun 2021 yang dikemas dalam inovasi Program TILIK Desa (Terintegrasinya Inovasi Layanan dan Informasi kepada Desa), suatu program yang menjembatani masyarakat dengan Pengadilan Negeri Jember guna mempermudah pelayanan peradilan.
Dengan demikian skripsi ini mengangkat fokus penelitian 1) Bagaimana penerapan Program TILIK Desa Pengadilan Negeri Jember dalam memberikan layanan hukum sistem E-Court di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe? 2) Apakah Program TILIK Desa di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe dapat memenuhi Prinsip Good Governance?
Tujuan penulisan karya ilmiah ini ialah untuk mengkaji tentang Keefektivitasan Layanan Hukum E-Court pada Program TILIK Desa dalam rangka memenuhi Prinsip Good Governance.
Penulisan karya ilmiah ini merupakan hasil penelitian yuridis empiris, berfokus pada pengumpulan data pada suatu latar alamiah yang bertitik tolak dari pandangan yang melihat hukum sebagai alat pengatur masyarakat, dengan menggunakan pendekatan sosiologi hukum dan perundang-undangan. Dengan objek penelitian Pada Program TILIK Desa di Desa Sumberpakem Kecamatan Sumberjambe, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, obsevasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis Reduksi data, Display data dan Verifikasi data.
Hasil penelitian skripsi adalah 1) Bahwa Program TILIK Desa dalam prakteknya berjalan dengan baik, sistematis dan terstuktur berdasarkan Asas Peradilan yang memiliki kepastian hukum, kemanfaatan, ketidak berpihakan, kecermatan, tidak menyalah gunakan kewenangan, keterbukaan, untuk kepentingan umum, pelayanan yang baik. 2) Bahwa Program TILIK Desa telah memenuhi Prinsip Good Governance dalam praktek sederhana, cepat, dan murah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
Depositing User: Mrs. Lovea Romadhona N.K.N
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:03
Last Modified: 10 Jan 2024 07:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31822

Actions (login required)

View Item View Item