Strategi Pembepajaran Pada Masa Pemberlakuan Kurikulum Darurat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 02 Candipuro Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022

Ayu Wulandari, Sulistiowati (2023) Strategi Pembepajaran Pada Masa Pemberlakuan Kurikulum Darurat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 02 Candipuro Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SULISTIOWATI AYU WULANDARI.T20181387.Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya strategi pembelajaran tidak dapat berjalan tanpa adanya kerja sama antara murid dan guru, namun untuk saat ini virus corona (CoV) telah menyebar di berbagai negara belahan dunia. Dengan adanya surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19 menghimbau kepada seluruh instasi pendidikan mulai dari tingkat PAUD sampai perguruan tinggi untuk tidak melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah dan menggantinya dengan belajar dari rumah melalui system daring atau luring. Proses strategi pembelajaran daring maupun luring diharapkan mampu menjadikan pembelajaran yang menarik, mudah dipahami oleh siswa dan kreatif.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui strategi pembelajaran pada masa pemberlakuan kurikulum darurat dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 02 Candipuro (2) mengetahui faktor penghambat strategi pembelajaran pada masa pemberlakuan kurikulum darurat dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 02 Candipuro.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Selanjutnya teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam pada masa pemberlakuan kurikulum darurat dcukup bagus menggunakan strategi afektif yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran pendahuluan, penyampaian informasi, partisipasi peserta didik, tes dan kegiatan lanjutan. Dengan menggunakan metode pembelajaran berupa ceramah, tanya jawab, keteladanan kisah dan punishment serta menggunakan media pembelajaran online (video pembelajaran, WhatsApp Group, Google for, Youtube). Sedangkan pada saat pembelajaran offline menggunakan media: power point, video pembelajaran dengan sumber belajar LKS dan Modul PAI. (2) faktor yang menghambat strategi pembelajaran pada masa pemberlakuan kurikulum darurat diantaranya: jaringan internet yang kurang memadai, SDM dari orang tua peserta didik yang kurang memadai serta terbatasnya waktu belajar peserta didik yang menyesuaikan dengan kebijakan peraturan pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Skripsi Sulistiowati Ayu Wulandari
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:22
Last Modified: 09 Jan 2024 06:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31829

Actions (login required)

View Item View Item