Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Bahriyah, Masykurotul (2024) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Masykurotul Bahriyah _T20194015.pdf

Download (6MB)

Abstract

Masykurotul Bahriyah, 2023. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Pancasila
Upaya dalam meningkatkan pembelajaran Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum merdeka diperlukan model yang inovatif yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centerd). Salah satu model inovatif yang diterapkan di kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember pada tahun pelajaran 2022/2023 yaitu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan tujuan penerapan model ini yaitu untuk mendorong siswa agar lebih akif dan berpikir kritis dalam pembelajaran.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran problem based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023?. 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023?. 3) Bagaimana asesmen hasil belajar dari implementasi model pembelajaran problem based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023?. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeksripsikan perencanaan model pembelajaran problem based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 2 ) Untuk mendeksripsikan Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023. 3) untuk mendeskripsikan asesmen hasil belajar dari implementasi model pembelajaran problem based learning dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis (fild research) dengan bentuk studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teori Miles Huberman dan Saldana. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan model Problem Based Learning yaitu: a) Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember yaitu guru mengikuti pelatihan di sekolah penggerak, mengikuti In House Training (IHT), dan mengikuti webinar secara individu. b) Guru memahami capaian pembelajaran dengan menentukan ide-ide dengan mempertimbangkan capaian pembelajaran, materi pelajaran dan proses belajar, guru merumuskan tujuan pembelajaran dengan memperhatikan kompetensi, materi dan konsep, guru menyusun alur tujuan pembelajaran berdasarkan capaian pembelajaran dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, guru merencanakan pembelajaran dan asesmen dengan membuat modul ajar. 2) Pelaksanaan model Problem Based Learning yaitu: a) Kegiatan awal adalah: Guru mengecek kehadiran dan kesiapan peserta didik, melakukan tanya jawab mengenai materi sebelumnya, menginformasikan Bab 5 yang akan dipelajari, menyampaikan tujuan pembelajaran, ice breaking dan memberikan pertanyaan pemantik. b) Kegiatan inti adalah: peserta didik mengamati gambar/video, tanya jawab, guru menjelaskan materi, guru membentuk peserta didik menjadi kelompok, memberikan Lembar Kerja Peserta Didik, memberi waktu mengerjakan soal, guru membimbing diskusi dalam kelompok, perwakilan kelompok mempresentasikan jawaban sedangkan yang tidak menyimak presentasi dan memberikan pendapat, dan memberikan apresiasi dengan tepuk tangan bagi yang sudah presentasi, memberikan soal individu. c) Kegiatan akhir adalah: Bersama-sama merefleksikan kegiatan pembelajaran, Bersama-sama menyimpulkan kegiatan pembelajaran, menginformasikan pembelajaran berikutnya, mengajak peserta didik untuk berdo;a dan ditutup dengan salam. 3) Asesmen model model Problem Based Learning yaitu: a) Asesmen formatif berupa soal tes tulis dalam bentuk uraian setiap akhir pembelajaran. b) Asesmen sumatif di akhir Bab, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester berupa soal tes tulis dalam bentuk pilihan ganda ataupun uraian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Masykurotul Bahriyah
Date Deposited: 09 Jan 2024 06:28
Last Modified: 09 Jan 2024 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31836

Actions (login required)

View Item View Item