Impelmentasi Strategi Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

aghniadillah, anggi (2023) Impelmentasi Strategi Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi anggi aghniadillah T20191421.pdf

Download (6MB)

Abstract

Anggi Aghniadillah, 2023: Implementasi Strategi Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII Di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci: Strategi Mind Mapping, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Strategi Mind Mapping adalah salah satu bentuk pembelajaran yang digunakan melatih kemampuan menyajikan isi (content) materi dengan pemetaan pikiran (Mind Mapping). Tujuan dari strategi mind mapping mengembangkan kemampuan mengambarkan kesimpulan-kesimpulan yang masuk akal. Strategi ini memiliki fleksibelitas yang tinggi sebab mudah untuk diterapkan pada semua mata pelajaran ditingkat setuan lembaga apapun.
Fokus penelitian yang di bahas pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan strategi mind mapping pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi mind mapping pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024? 3) Bagaimana evaluasi strategi mind mapping pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di Smp Negeri 14 Jember, Jl. Koptu Berlian No.14, Jambutan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jemebr, Jawa Timur, Kelas VIII. Sejumlah data penelitian dikumpulkan meggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis model interaktif dari Miles & Huberman dan Saldana dengan 4 langkah yaitu pengumpulan data,kondensasi data,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data diperoleh melalui dua teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) Perencanaan guru pendidikan agam islam kelas VIII dalam strategi mind mapping adalah memilah dan mengidentifikasi silabus, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran PAI yaitu lebih dekat dengan Allah dengan mengamalkan salat sunah. 2) Pelaksanaan strategi mind mapping dilakukan dengan tiga langkah kegiatan yaitu kegiatan awal guru membuka pelajaran, berdoa, mengabsen siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran,mengulang pembelajaran sebelumnya, kegiatan inti guru menentukan poin setiap bab dan sub bab, membentuk kelompok, masing kelompok menyiapkan alat yang akan digunakan,membuat kalimat utama, mebuat cabang untuk setiap judul, dan setiap kelompok mempresentasikan hasil mind mapping di depan kelas, dan kegiatan penutup guru memberikan peluang kepada siswa untuk melakukan sesi tanya jawab materi yang belum dipahami, guru memberikan kesimpulan terkait materi, dan ditutup dengan membaca doa dan salam. 3) Evaluasi pembelajaran menggunakan model evaluasi formatif dengan mengerjakan buku Lembar Kerja Siswa pilihan ganda dan memberikan pekerjaan rumah berupa soal-soal uraian terkait materi yang sedang dipelajari dan menggunakan tes berupa tes tulis dan tes lisan dan non tes berupa penilaian perilaku sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: miss anggi aghniadillh
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:06
Last Modified: 09 Jan 2024 08:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31842

Actions (login required)

View Item View Item