PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI APEL PAGI DAN KHATAMAN MINGGUAN DI SMP MINQOTHROTUL ULUM GUMUKMAS JEMBER

Nur Sidiq, Mohammad Erwan (2023) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI APEL PAGI DAN KHATAMAN MINGGUAN DI SMP MINQOTHROTUL ULUM GUMUKMAS JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Mohammad Erwan Nur Sidiq_NIM.T20181372.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Mohammad Erwan Nur Sidiq, 2023: Pendidikan Karakter Melalui Program
Apel Pagi dan Khataman Mingguan di SMP Minqothrotul Ulum Gumukmas
Jember.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Program Apel Pagi dan Khataman Mingguan.
Konteks penelitian ini dilatar belakangi tentang cara menanggulangi berbagai
permasalahan yang terjadi di lingkungan sekolah seperti kenakalan remaja karena
siswa dari dalam pondok dan luar digabung menjadi satu, dari hal tersebut tidak
jarang siswa melakukan pelanggaran sekolah seperti keluar kelas saat jam
pembelajaran, bolos sekolah, terlambat dan seragam yang tidak sesuai dengan
aturan sekolah serta pentingnya pendidikan pembentukan karakter bagi siswa
dalam pembelajaran. Pada realita yang terjadi di lapangan, pendidik lebih sering
menggunakan strategi pendidikan yang monoton dalam kegiatan belajar mengajar
disekolah. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan dan jenuh sehingga
menyebabkan turunnya hasil belajar. Berdasarkan permasalahan tersebut,
pendidik mengadakan program Apel Pagi dan Khataman Mingguan bagi siswa
dengan tujuan siswa kembali semangat belajar dan dapat meningkatkan hasil
belajarnya.
Fokus Penelitian pada skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana Proses Pelaksanaan
program Apel Pagi dan Khataman Mingguan dalam pembentukan pendidikan
karakter religius, jujur, dan disiplin di SMP Minqothrotul Ulum Gumukmas
Jember? 2.) Faktor Pendukung dan penghambat pembentukan pendidikan karakter
religius, jujur, dan disiplin di SMP Minqothrotul Ulum Gumukmas Jember?
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
berbentuk deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Minqothrotul Ulum Gumukmas
Jember. Teknik penentuan informan dengan menggunakan teknik Purposive. Pada
teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori Miles,
Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian: Pelaksanaan program Apel Pagi dan Khataman
Mingguan guru berperan sebagai seorang pendidik yang menjadi cerminan serta
teladan bagi siswa serta untuk menanamkan nilai-nilai karakter terhadap siswa
utamanya karakter religius, jujur dan disiplin. Program Apel Pagi dilaksanankan
setiap hari senin sampai sabtu pukul 06:45 pagi, para guru juga ikut andil dalam
mempersiapkan siswa dilapangan. Dari kegiatan ini menghasilkan karakter
disiplin dan jujur pada siswa, mulai dari menghargai waktu, disiplin tingkah laku,
mentaati tata tertib disekolah, dan jujur atas kelalaian yang dilakukan oleh siswa.
Kemudian Khataman Mingguan dilaksanakan dengan cara guru memberikan
contoh dengan tidak pernah terlambat pada saat pelaksanaan. Guru juga
memberikan sambutan dan menjelaskan keutamaan-keutamaan orang membaca
Al-Qur’an supaya siswa lebih bersemangat dan termotivasi untuk mengikuti
kegiatan khatamaan mingguan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai karakter
religius, jujur dan disiplin, utamanya karakter religius agar bermanfaat di
lingkungan sekolah, rumah dan Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mr Mohammad Erwan Nur Sidiq
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:00
Last Modified: 09 Jan 2024 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31846

Actions (login required)

View Item View Item