Implementasi Metode Berburu QR Code Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IX C Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2023/2024

Asriana, Tanti Arsy (2023) Implementasi Metode Berburu QR Code Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IX C Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tanti Arsy Asriana_T20191212.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) adalah disiplin ilmu yang mengajarkan manusia atau peserta didik tentang ajaran agama Islam yang berisi tentang kewajiban manusia untuk beribadah kepada Allah, larangan-larangan-Nya, sejarah perkembangan Islam, hingga penghitungan zakat dan warisan. Topik-topik tersebut diajarkan kepada peserta didik sesuai dengan jenjang pendidikan. Kompleksnya topik yang dibahas menyebabkan peserta didik rentang megalami kebosanan dan redupnya minat belajar mereka. Hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil angket minat belajar peserta didik di kelas IX C yang diperoleh dari tahap PraSiklus, yakni sebesar 64%. Persentase tersebut menunjukkan rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP), sekaligus menunjukkan betapa minat belajar mampu mempengaruhi semangat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP).

Uraian di atas dapat dijadikan dasar untuk menarik satu permasalahan. Permasalahan tersebut adalah apakah pengimplementasian metode Berburu QR Code dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IX C pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) di SMP Negeri 11 Jember? Dengan ditemukannya permasalahan tersebut, maka dapat dirumuskan bagaimana cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengimplementasikan metode Berburu QR Code untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IX C pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) di SMP Negeri 11 Jember tahun ajaran 2023/2024.

Pemecahan masalah tersebut di atas dapat dijadikan acuan untuk merumuskan tujuan dari penelitian ini. Tujuan dari penelitian yang dimaksud adalah untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IX C pada mta pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) melalui pengimplementasian metode Berburu QR
Code.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan didahului dengan kegiatan Pra-Siklus. Penelitian ini memadukan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Maka, dari rangkaian kegiatan penelitian tersebut diperoleh hasil bahwa implementasi metode Berburu QR Code dapat meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IX C pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) di SMP Negeri 11 Jember tahun ajaran 2023/2024. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil angket minat belajar dari tahap Pra-Siklus sebesar 64%, meningkat sebesar 10% pada tahap Siklus 1 menjadi 74%, dan meningkat sebesar 7% pada Siklus 2 menjadi 81%. Peningkatan minat belajar sampai tahap Siklus 2 masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Tanti Arsy Asriana
Date Deposited: 09 Jan 2024 07:53
Last Modified: 09 Jan 2024 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31848

Actions (login required)

View Item View Item