PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADLUS SHOLIHIEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hasanah, Sofiatul (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR'AN DI MADRASAH IBTIDAIYAH RIYADLUS SHOLIHIEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI Sofiatul Hasanah watermark (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Sofiatul Hasanah, 2023. Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas V Melalui
Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di MI Riyadlus Sholihien Tahun Pelajaran
2022/2023
Kata Kunci : Membaca, Al-Qur’an, Karakter, Religius
Sebagai Muslim, tentunya menjunjung tinggi pendidikan karakter, Madrasah
Ibtidaiyah Riyadlus Sholihien merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan
pendidikan karakter melalui pembiasaan membaca Al-qur’an yang diterapkan
sebagai matapelajaran yaitu BTQ. Peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam
mengenai pembentukan karakter religius siswa kelas V melalui pembiasaan
membaca Al-Qur’an MI Riyadlus Sholihien.
Fokus penelitian:1). Bagaimana penerapan Pembentukan Karakter Religius
Siswa Kelas V Melalui Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di MI Riyadlus
Sholihien Tahun Pelajaran 2022/2023. 2). Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa Kelas V Melalui
Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Di MI Riyadlus Sholihien Tahun Pelajaran
2022/2023.
Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya
menggunakan Field Research (Penelitian Lapangan). Penentuan subjek penelitian
ini menggunakan teknik Purposive.Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan
deskriptif kualitatif sesuai teori Milles Huberman, dan Saldana yaitu menganalisis
data dengan tiga langkah : Kondensasi Data, Penyajian Data, dan Penarikan
Kesimpulan/Verifikasi. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini:1). Pembelajaran BTQ dalam pembentukan karakter
religius siswa kelas V MI Riyadlus Sholihien Jember melalui kegiatan
pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Dan juga pembiasaan membaca surahsurah pendek, kegiatan shalat dhuha, dan dzuhur berjama’ah, istighosah malam
jumat legi. Dan shodaqoh beras setiap keluarga siswa-siswi mengalami musibah
meninggal dunia. 2). Faktor pendukung pembelajaran BTQ dalam pembentukan
karakter religius siswa kelas V MI Riyadlus Sholihien Jember yaitu sekolah
berada pada lingkup pondok pesantren , sumber daya guru yang berpang didirikan
oleh ulama tokoh masyarakat Jember serta ekstra kurikuler tahfidz dan tilawah
kegiatan keagamaan yang menjadi rutinan, serta dukungan dari wali murid siswasiswi. Faktor penghambat pembelajaran pembelajaran BTQ dalam pembentukan
karakter religius siswa kelas V MI Riyadlus Sholihien yaitu terbatasnya waktu
dan guru/ustadz dalam kegiatan pembelajaran pembelajaran BTQ yakni hanya
1x35 menit tiap hari senin – kamis, serta guru yang merangkap di banyak
sesi,Tetapi guru/ustadz berkreasi dengan mencari solusi mengatasi yaitu dengan
meringkas waktu absensi sehingga banyak siswa waktu yang dapat
dimaksimalkan untuk kegiatan inti, melaksanakan pelatihan, berkoordinasi dengan TPQ lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Miss Sofiatul Hasanah
Date Deposited: 09 Jan 2024 08:12
Last Modified: 09 Jan 2024 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31854

Actions (login required)

View Item View Item