Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pembiasaan Shalat Berjamaah Pada Siswa Di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

kurniawati, Intan Eka (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pembiasaan Shalat Berjamaah Pada Siswa Di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INTAN EKA KURNIAWATI-watermak.pdf

Download (23MB)

Abstract

Intan Eka Kurniawati, 2023. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pembiasaan Shalat Berjamaah Pada Siswa Di SMP Negeri 14 Jember.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembiasaan, Shalat Berjamaah.
Pendidikan agama memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini harus benar-benar disadari oleh setiap guru agama khususnya guru pendidikan agama Islam. Dalam menjalankan tugasnya sehari-hari, guru pendidikan agama Islam harus dapat memahami benar-benar tujuan akhir pengajaran adalah agar siswa terampil menyimak, memahami dan mengetahui dan mengetahui pentingnya pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Fokus penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah siswa di SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024? 2.) Apa faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah siswa di SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah siswa di SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024. 2.) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah siswa di SMP Negeri 14 Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa : 1.) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah siswa di SMP Negeri 14 jember yaitu: (a) memberikan wawasan dan pengarahan kepada peserta didik tentang shalat, (b) mengumpulkan peserta didik yang melanggar ketika melaksanakan shalat, (c) memberikan motivasi kepada peserta didik baik di dalam kelas maupun di luar kelas, (d) berkerjasama dengan guru lain dalam mengawasi peserta didik shalat, (e) adanya kegiatan praktek ibadah. 2.) Faktor pendukung antara lain: (a) adanya prasarana yang memenuhi, (b) adanya praktek khuhus untuk peserta didik yang belum hafal bacaan shalat, (c) diri-sendiri. Selain faktor pendukung, dlam pembiasaan dalam mananamkan shalat berjamaah ini ada faktor penghabtnya antara lain: (a) lingkunga rumah, terutama orang tua dan teman, (b) basic siswa yang dari SD sehingga masih kurang wawasannya tentang shalat, (c) meskipun sarana dan prasarana terpenuhi, akan tetapi debit air masih kurang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Intan Eka Kurniawati
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:52
Last Modified: 10 Jan 2024 02:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31864

Actions (login required)

View Item View Item