Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Hak Alimentasi Anak Pada Muhammadiyah Children Center (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Nurul Husna Jember

Hanantaqi, Robi' Alighan (2023) Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Hak Alimentasi Anak Pada Muhammadiyah Children Center (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Nurul Husna Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Robi' Alighan Hanantaqi S20191087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Robi’ Alighan Hanantaqi, 2023: Tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Hak Alimentasi Anak Pada Muhammadiyah Children Center (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Nurul Husna Jember.
Kata kunci: Sistem Hak Alimentasi; Anak Asuh; Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak

Anak yatim, piatu, dan dhuafa merupakan bagian dari warga negara yang memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti masyarakat umumnya dalam aspek perlindungan, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari. Merawat dan melindungi anak bukan hanya tanggung jawab orang tua biologis, tetapi menjadi tanggung jawab bersama kita sebagai manusia.
Fokus penelitian pada penelitian ini fokus pada dua hal: 1) Bagaimana sistem hak alimentasi anak di Muhammadiyah Children Center (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Nurul Husna Jember? 2) Bagaimana tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif terhadap sistem hak alimentasi yang digunakan berdasarkan prinsip/asas kemaslahatan di Muhammadiyah Children Center (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Nurul Husna Jember?
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, mengandalkan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Muhammadiyah Children Center (LKSA) Nurul Husna Jember. Analisis data dalam skripsi ini melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sistem hak alimentasi anak di LKSA Nurul Husna Jember didasarkan pada pendekatan family care atau keluarga dan kepesantrenan. Keterpaduan antara Panti dan Pesantren diimplementasikan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi anak asuh, sesuai dengan regulasi yang melarang pemisahan anak dari keluarganya. 2) Berdasarkan tinjauan Hukum Islam dan Hukum Positif, Muhammadiyah Children Center (LKSA) Nurul Husna Jember dalam menentukan dan menerapkan sistem hak alimentasi anak sesuai dengan Pasal 105 Kompilasi Hukum Islam dan Pasal 3 Permensos Nomor 30/HUK/2011 tentang Standar Nasional Pengasuhan Anak Untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak, mengintegrasikan spirit etos kerja berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah serta prinsip asas kemaslahatan agar menjamin kesejahteraan anak dan melindungi kepentingan baik anak itu sendiri, orang tua atau walinya, maupun lembaga kesejahteraan sosial anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012813 Hadhanah (Child Custody, Guardianship)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: S.H Robi' Alighan Hanantaqi
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:41
Last Modified: 11 Jan 2024 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31867

Actions (login required)

View Item View Item