Kajian Hadis di Media Sosial: Studi Etnografi Virtual Hadis "Bukan Perangai Seorang Mu'min" pada Akun Instagram @Rabithah_Alawiyah

Mawardah, Holifia (2023) Kajian Hadis di Media Sosial: Studi Etnografi Virtual Hadis "Bukan Perangai Seorang Mu'min" pada Akun Instagram @Rabithah_Alawiyah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HOLIFIA MAWARDAH_U20192043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, tidak sedikit orang yang menggunakan internet. Berbagai kebutuhan bisa diakses melalui internet seperti berbelanja kebutuhan pokok, melakukan interaksi jarak jauh, mengakses berbagai aplikasi media sosial (facebook, instagram, tiktok, dan lain-lain), pembayaran melalui e-wallet, serta mengakses berbagai sumber informasi bisa menggunakan internet. Perkembangan teknologi yang begitu pesat, memungkinkan masyarakat bagaimana mengirim atau memposting serta menerima informasi dari media sosial. Kajian hadis juga bisa dilakukan melalui media sosial, karena media sosial sifatnya terbuka, maka tidak semua informasi yang tersebar itu sesuai dengan kebenarannya. Oleh karena itu, dalam proses penelitian ini penulis lebih fokus pada satu akun media sosial di instagram, yaitu akun @Rabithah_Alawiyah, kemudian penulis mengambil 1 konten hadis yang diunggah untuk diteliti lebih lanjut mengenai kualitas hadisnya. Konten hadis yang dipilih yaitu tentang “Bukan Perangai Seorang Mu’min” yang diriwayatkan oleh Imam Al Tirmidhi, di mana akun tersebut tidak mencantumkan kualitas hadis di dalam postingannya.

Fokus masalah penelitian ini yaitu: 1) bagaimana kajian hadis di era digital?, 2) bagaimana penyajian hadis dalam akun instagram @Rabithah_Alawiyah?, 3)bagaimana kualitas dan pemaknaan hadis tentang “Bukan Perangai Seorang Mu’min” dalam postingan akun instagram @Rabithah_Alawiyah?. untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan ernografi virtual.

Penelitian memperoleh kesimpulan 1). Kajian hadis di era digital ada beberapa aplikasi penunjang dalam mengkaji hadis, yaitu aplikasi HadisSoft, Al Maktabah Shamilah, Jawami’ Al Kalim, dan Ensiklopedi Hadis Kitab 9 Imam. 2). Rabithah Alawiyah memiliki akun media sosial instagram yaitu @Rabithah_Alawiyah dalam penyajian hadis dalam akun ini ditemukan 58 postingan konten hadis dan beberapa video dakwah Islam. 3). Berdasarkan penelitian sanad dan matan hadis dari salah satu konten hadis tentang “Bukan Perangai Seorang Mu’min” pada akun instagram @Rabithah_Alawiyah yang diriwayatkan oleh Tirmidhi adalah termasuk dalam derajat hasan gharib. Sedangkan matan hadisnya sahih karena telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh para ulama. Adapun pemaknaan hadisnya yaitu yang dimaksud dengan mengungkap aib adalah membicarakan keburukan orang lain tanpa mengetahui kebenarannya, sedangkan yang dimaksud dengan laknat adalah mengutuk, mencibir, menghinakan seseorang. Berperangai atau berperilaku buruk yaitu tindakan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan salah satu sifat tidak terpuji, salah satu contohnya yaitu mencaci, mengumpat, iri dengki atau hasad dan berkata kotor kepada orang lain.
Kata Kunci: Hadis; Kajian Hadis di Media Sosial; Menjaga Lisan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Holifia Mawardah
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:31
Last Modified: 10 Jan 2024 03:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31870

Actions (login required)

View Item View Item