PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU BIOLOGI KELAS X DI SMAN 5 JEMBER

KHASANAH, NUR (2023) PENERAPAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU BIOLOGI KELAS X DI SMAN 5 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI_NUR_KHASANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Integrasi teknologi menggunakan pendeskripsian serta kajian suatu ilmu yang dimiliki oleh pendidik dalam model TPACK yang tepat. Standar Kualifikasi Akademik serta Kompetensi Guru harus mencantumkan komponen TPACK sebagai kompetensi profesional. Pengetahuan tenaga pengajar harus sesuai dengan
materi yang dipelajari oleh beberapa siswa diantaranya melalui metode yang digunakan seperti metode TPACK, yang mana dijadikan titik pusat dalam pembelajaran di kelas. IPTEK yang berkualitas serta berprestasi dimiliki oleh
sekolah SMA Negeri 5 Jember. Berbagai prestasi yang dimiliki oleh SMA Negeri 5 Jember seperti lomba olimpiade, olahraga, keterampilan diluar bidang akademik, serta lainnya yang berhasil menduduki tingkat kabupaten ataupun provinsi.
Fokus penelitian pada skripsi ini ialah 1) Bagaimana kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Biologi SMA dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 5 Jember? 2) Bagiamana kendala dan upaya guru biologi SMA dalam pembelajaran biologi berbasis TPACK di SMAN
5 Jember?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus serta mendapatkan sumber data langsung dari lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatatif yang bersifat deskriptif yang diuraikan secara tertulis atau lisan.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini ialah 1) SMAN 5 Jember telah menerapkan beberapa metode yakni Technology Knowledge (TK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Content Knowledge (CK). Guru di SMAN 5 Jember telah menggunakan perangkat keras berupa LCD, laptop, komputer, yang digunakan dalam proses belajar mengajar guna memberikan pemahaman materi biologi. Serta, guru SMAN 5 Jember mengaplikasikan microsoft word dan microsoft excel untuk memperoleh hasil belajar siswa, sedangkan ppt berfungsi dalam mempresentasikan materi biologi. Serta, kemampuan berpikir siswa dalam menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh pengajar. Hal itu terlihat saat menyampaikan materi yang cukup jelas, detail, dan mudah dimengerti. 2) Dalam penerapan TPACK di SMAN 5 Jember khususnya pada pembelajaran biologi kelas X, berbagai kendala yang terjadi terhadap guru di SMAN 5 Jember salah satunya yaitu tidak pahamnya peserta didik ataupun pemanfaatan TPACK oleh pengajar. Pemilihan media ajar yang tepat guna meminimalisir pembelajaran TPACK saat di kelas oleh guru. Karakteristik peserta didik mengupayakan berbagai kendala yang ada dengan alat peraga serta media berbasis TPACK, dapat
juga menggunakan video pembelajaran berupa penayangan slide untuk menarik minat peserta didik.
Kata Kunci: Kemampuan, Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nur Khasanah
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:14
Last Modified: 11 Jan 2024 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31871

Actions (login required)

View Item View Item