Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi Dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas Balung Jember

Khusna, Hayyulal (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi Dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hayyulal Khusna_T20185034.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Hayyulal Khusna, 2023 : Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi Dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas Balung Jember
Kata Kunci : Implementasi Kurikulum Merdeka, Literasi Dan STEAM, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Implementasi Kurikulum Merdeka adalah penerapan kurikulum terbaru yang dilaksanakan disatuan PAUD. Dalam kurikulum merdeka dibutuhkan perangkat ajar untuk menentukan alur dari pembelajaran yaitu modul ajar yang dapat dikembangkan menjadi capaian pembelajaran. Capaian pembalajaran mencakup 3 elemen stimulasi salah satunya yaitu Dasar-dasar Literasi dan STEAM. Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pencapaian Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui pembelajaran berbasis projek.

Fokus penelitian pada skripsi ini : 1) Bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas ?. Tujuan dari penelitian ini: 1) Mendiskripsikan Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber datanya adalah informan yang mengetahui mengenai penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Komite Pembelajaran dan Guru Kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menentukan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu : 1. Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Literasi dan STEAM Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di TK Islam Terpadu Al Gholib Al Ikhlas dilakukan : 1) Menyusun perencanaan pembelajaran : Kurikulum Operasional Sekolah, Modul Ajar, Tema Projek, Menentukan Dimensi, Elemen dan Subelemen sebagai tujuan pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajarannya yaitu dengan menonton video mengenai pembuatan ecoprint, mendiskusikan dengan anak mengenai ecoprint, merancang desain ecoprint pada kain, mengumpulkan alat dan bahan ecoprint, mordanting kain/merendam dan menjemur kain sebelum pembuatan ecoprint, pelaksanaan proses pembuatan ecoprint dan yang terakhir proses fiksasi/penguncian warna pada kain. 3) Evaluasinya yaitu memberikan pertanyaan pemantik pada anak dan penilaiannya menggunakan rubrik akhir projek. 2. Faktor Pendukungnya, sekolah tersebut berlokasi di desa dengan sumber daya alam melimpah, menerima dukungan pemerintah berupa Dana BOP Reguler dan Dana Bantuan Operasional Kinerja, Seluruh guru telah menempuh sarjana PAUD dan psikologi dan memiliki kemampuan IT yang baik. dan Faktor Penghambatnya, dikarenakan Kurikulum Merdeka adalah sesuatu yang baru, maka memerlukan waktu yang lebih banyak untuk memberikan pemahaman yang sama antara Kepala Sekolah, Komite Pembelajaran, Guru serta wali murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka; Literasi Dan STEAM; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Hayyulal Khusna
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:24
Last Modified: 10 Jan 2024 02:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31872

Actions (login required)

View Item View Item