Studi pandangan masyarakat muslim kelas bawah terhadap pandemi covid-19 dan pemahaman ayat-ayat musibah dalam Al Qur'an (studi kasus pada masyarakat dusun Kidul Besuk Ajung Jember)

Inni, Arifah (2023) Studi pandangan masyarakat muslim kelas bawah terhadap pandemi covid-19 dan pemahaman ayat-ayat musibah dalam Al Qur'an (studi kasus pada masyarakat dusun Kidul Besuk Ajung Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi inni Watermark.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Inni Arifah. 2023: Studi Pandangan Masyarakat Muslim Kelas Bawah Terhadap Pandemi Covid-19Dan pemahaman Ayat-Ayat Musibah Dalam Al-Qur’an (Studi Kasus pada Masyarakat Dusun Kidul Besuk Ajung Jember),

Kata Kunci: Pandangan Masyarakat, Ayat-ayat Musibah, Pandemi Covid19

Musibah merupakan sebuah ujian atau peringatan yang diberikan Allah swt kepada hamba-Nya untuk mengetahui seberapa besar keimanan mereka. Kuat lemahnya iman seseorang dapat dilihat dari cara mereka menyikapi musibah yang menimpa mereka.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pandangan masyarakat muslim Kidul Besuk Ajung Jember terhadap pandemi Covid-19?, 2) Bagaimana pemahaman masyarakat muslim Kidul Besuk Ajung Jember tentang Ayat-ayat musibah dalam Al-Qur’an?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pandangan masyarakat muslim Kidul Besuk Ajung Jember terhadap Pandemi Covid-19, 2) untuk mengetahui pemahaman masyarakat muslim Kidul Besuk Ajung Jember tentang Ayat-ayat musibah dalam Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan traingulasi sumber.
Hasil dari penelitian sampai pada simpulan bahwa 1) Pandangan masyarakat muslim Kidul Besuk Ajung Jember terhadap pandemi Covid-19, yaitu: ada yang mengatakan ujian, teguran atau peringatan dari Allah swt yang mana teguran atau peringatan itu turun dikarenakan oleh ulah umat manusia itu sendiri. Selain itu adanya pandemi Covid-19ini segala hal yang menyedihkan. Hal ini disebabkan karena pandemi Covid-19terdampak kehilangan keluarga dan harta benda. 2) Pemahaman masyarakat muslim Kidul Besuk Ajung Jember tentang Ayat-ayat musibah dalam Al-Qur’an ada yang paham ada juga yang tidak mengerti terkait ayat-ayat Al Quran yang menjelaskan tentang musibah. Dijelaskan bahwa pemahaman mereka tentang musibah adalah untuk meningkatkan iman dan ketakwaan mereka sehingga mereka tidak terlena dalam kenikmatan dunia yang hanya bersifat sementara. Orang yang lemah imannya, dalam menghadapi musibah selalu berputus asa dan mempertikaikan musibah yang menimpa mereka. dan musibah semua yang ada di alam ini adalah milik Allah swt yang dititipkan dan akan diambil kembali bila waktu yang telah ditentukan tiba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Depositing User: msr inni arifah
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:29
Last Modified: 10 Jan 2024 01:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31879

Actions (login required)

View Item View Item