Undian serbu seru di marketplace bukalapak perspektif hukum perdata dan fikih muamalah

Mardiyani, Mardiyani (2024) Undian serbu seru di marketplace bukalapak perspektif hukum perdata dan fikih muamalah. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mardiyani fix - WATERMAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Undian serbu seru, Ju’alah,Permensos.
Teknologi informasi adalah sebuah sarana memasukkan, menyimpan, menganalisis memproses dan mendistribusikan menggunakan perangkat elektronik, khususnya komputer, untuk menyebarkan informasi, Aplikasi dan pasar belanja online saat ini telah banyak dijumpai di indonesia salah satunya yaitu Bukalapak, yang adalah website atau marketplace jual beli online yang secara tidak langsung menghubungkan penjual dan pembeli melalui smartphone. Bukalapak sendiri memiliki metode pemasaran seperti acara harian mingguan dan acara harian dalam jangka waktu tertentu dalam even-even tersebut Selain itu, berbagai keuntungan yang bisa diperoleh konsumen dengan bertransaksi selama periode tersebut, seperti gratis ongkos kirim, cashback untuk pembelian dalam jumlah tertentu, dan kupon diskon untuk pembelian semua produk, menjadi salah satu acara yang menarik perhatian.
Fokus penelitian skripsi ini ialah: 1.) Bagaimana Praktik undian serbu seru pada market place Bukalapak perspektif hukum perdata 2.) Bagaimana Praktik undian serbu seru pada market place Bukalapak perspektif fikih muamalah? Metode penelitian menggunakan peneltian hukum normatif (legal research). Karena ini merupakan kajian hukum internal. Penelitian hukum normatif biasa disebut dengan penelitian dokrinal. Penelitian ini dilkukan atau dimaksudkan hanya untuk bahan peraturan atau hukum tertulis. Penulisan hukum nornatif disebut juga Penelitian kepustakaan dan pendekatan hukum menggunakan berbagai pendekatan untuk memperoleh informasi tentang aspek-aspek kasus yang diselidiki.
Hasil penelitian ini yaitu:1) berdasarkan hukum perdata, Undian serbu seru ini jika dihubungkan dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 12 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah maka peneliti melihat kesesuaian antara Bukalapak dengan peraturan tersebut, karena hal-hal penting yang sudah diatur oleh peraturan tersebut sudah dijalankan oleh pihak Bukalapak.2) berdasarkan fikih muamalah, ulama berpendapat bahwa ju’alah termasuk dalam domain akad perjanjian, sebagaimana diatur dalam hukum perjanjian (dikenal juga dengan istilah hukum perikatan), karena ju’alah mengandung (dapat melahirkan) hak dan kewajiban yang lahir karena perjanjian. Undian serbu seru Bukalapak mengandung unsur gharar akad tetapi masuk ke dalam akad jual beli. Padahal setelah dianalisis lebih jauh bahwa adanya praktik gharar termasuk gharar yasir dalam akad tabarru’ maka diperbolehkan. Mengenai syarat dan ketentuan hadiah serbu seru tidak ada unsur yang mengandung kerugian atau mudharat karena semua biaya pengiriman hadiah ditanggung pihak Bukalapak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012710 al-Ijarah & al-Ju’alah (Sewa-menyewa & Kontrak Kerja)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: mrs mardi yani
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:30
Last Modified: 10 Jan 2024 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31899

Actions (login required)

View Item View Item