Preferensi Pemilihan Calon Pasangan Hidup di Kalangan Mahasiswa K-Drama Lovers di Fakultas Syariah UIN KH Achmad Siddiq Jember dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam

Mahbubah, Ainun Nadhiroh Thoyyibatul (2024) Preferensi Pemilihan Calon Pasangan Hidup di Kalangan Mahasiswa K-Drama Lovers di Fakultas Syariah UIN KH Achmad Siddiq Jember dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ainun Nadhiroh Thoyyibatul Mahbubah_S20191159.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainun Nadhiroh Thoyyibatul Mahbubah, 2024. Preferensi Pemilihan Calon Pasangan Hidup di Kalangan Mahasiswa K-Drama Lovers di Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember dalam Perspektif Hukum Keluarga Islam.
Kata Kunci: Pasangan Hidup, Hukum Keluarga Islam, K-Drama
Islam menganjurkan kepada seseorang yang akan menikah untuk berhati-hati dalam memilih calon pasangannya. Allah memerintahkan dalam menikah sebaiknya mengutamakan calon pendamping hidup yang memiliki akhlak dan agama yang baik. Para pemuda kalangan milenial yang sedang mencari pendamping hidup mulai melupakan hal yang paling penting diantara 4 kriteria yang sudah disebutkan oleh Nabi dalam hadisnya. Kebanyakan pemuda milenial saat ini yang lebih dulu mementingkan soal rupa dan harta. Terlebih untuk mereka yang telah mengenal budaya Korea Selatan yang menyebar sejak sepuluh tahun terakhir terlebih saat pandemi melanda yang saat itu terjadi pada akhir tahun 2019.
Fokus dalam penelitian ini ada dua yakni, bagaimana kriteria pasangan hidup mahasiswa K-Drama Lovers di UIN KHAS Jember dan bagaimana pemilihan pasangan hidup di kalangan mahasiswa K-Drama Lovers dalam perspektif hukum keluarga Islam. Jenis penelitian ini adalah empiris yang menggunakan subyek Mahasiswa K-Drama Lovers di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, dengan menggunakan pendekatan psikologi hukum yang menghasilkan data berupa preferensi pemilihan calon pasangan hidup di kalangan Mahasiswa K-Drama Lovers di UIN KHAS Jember dalam perspektif hukum keluarga Islam. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dari wawancara yang dilakukan secara tatap muka dengan Mahasiswa K-Drama Lovers di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, dan data sekunder yang diperoleh dari beberapa artikel, jurnal, serta karya ilmiah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dari 20 informan terdapat 15 orang yang memiliki kriteria pasangan hidup dengan menjadikan K-Drama sebagai acuan yaitu dengan kriteria berperilaku baik, bertanggung jawab, royal, good looking, berpenghasilan, penyabar dan setia, sedangkan 5 informan lainnya tetap berpegang teguh pada syariat Islam, yakni memiliki kriteria pasangan hidup yang paham agama, berakhlak baik, bertanggung jawab, dan penyabar. 2) Terhadap 20 informan yang sudah mengetahui hadist tentang 4 kriteria pasangan ideal, 6 orang memprioritaskan harta, 4 orang memprioritaskan keturunan, 5 orang memprioritaskan rupa, dan 5 orang memprioritaskan agama. Jadi preferensi pemilihan calon pasangan hidup mahasiswa K-Drama Lovers di UIN KHAS Jember tersebut dari perspektif hukum Islam belum sesuai dan belum mencerminkan mahasiswa Islami karena 15 dari 20 informan tidak memprioritaskan agama saat memilih pasangan hidupnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Ainun Nadhiroh Thoyyibatul Mahbubah
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:20
Last Modified: 10 Jan 2024 06:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31900

Actions (login required)

View Item View Item