Peran Orang Tua, Asatidz dan Remaja Masjid Dalam Membina Kepribadian Anak Mengatasi Degradasi Moral Di Masjid Miftahul Huda Situbondo

Ariyantika, Vina Dwi (2023) Peran Orang Tua, Asatidz dan Remaja Masjid Dalam Membina Kepribadian Anak Mengatasi Degradasi Moral Di Masjid Miftahul Huda Situbondo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VINA DWI ARIYANTIKA_T20191107.pdf

Download (1MB)

Abstract

Vina Dwi Ariyantika, 2023: Peran Orang Tua, Asatidz, dan Remaja Masjid Dalam Membina Kepribadian Anak Mengatasi Degradasi Moral Di Masjid Miftahul Huda Situbondo.

Kata Kunci: Peran Orang Tua; Asatidz; Remaja Masjid; Kepribadian Anak; Degradasi Moral

Dalam lanskap yang penuh dengan tantangan moral yang rumit bagi anak-anak, menjadi sangat penting untuk membentengi fondasi prinsip-prinsip moral dan agama dalam diri mereka sejak usia dini. Dalam lingkup desa Wringinanom, sebuah mikrokosmos yang merefleksikan kecenderungan masyarakat yang lebih luas, berbagai bentuk degradasi moral telah mengakar. Namun tidak semua kemerosotan moral dan penyimpangan perilaku atau akhlak anak dapat sepenuhnya disalahkan kepada anak.

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran orang tua dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral di Masjid Miftahul Huda Situbondo? 2)Bagaimana peran asatidz dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral di Masjid Miftahul Huda Situbondo? 3)Bagaimana peran remaja masjid dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral di Masjid Miftahul Huda Situbondo? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral di Masjid Miftahul Huda Situbondo. 2)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran asatidz dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral di Masjid Miftahul Huda Situbondo. 3)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana peran remaja masjid dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral di Masjid Miftahul Huda Situbondo.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman dengan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil dari penelitian ini adalah: 1)Peran orang tua dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral sebagai pendidik, pembimbing, dan sebagai teladan. 2)Peran asatidz dalam membina kepribadian anak mengatasi degradasi moral sebagai pendidik, pembina, pemandu, dan penasihat bagi anak-anak. 3)Peran remaja masjid dalam membina kepribadian anak mengatasi
degradasi moral sebagai kontrol sosial dan pembina kepribadian dan moral anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vina Dwi Ariyantika
Date Deposited: 11 Jan 2024 02:20
Last Modified: 11 Jan 2024 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31903

Actions (login required)

View Item View Item