RESISTENSI BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENGHADAPI PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS DI BMT MASHLAHAH LIL UMMAH AL-MUBARAK SUKOWONO JEMBER)

Hidayah, Mohammad Ervin (2024) RESISTENSI BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENGHADAPI PRODUK PEMBIAYAAN MUDHARABAH DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS DI BMT MASHLAHAH LIL UMMAH AL-MUBARAK SUKOWONO JEMBER). Tantangan dan Strategi Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia.. (Unpublished)

[img] Text
Mohammad Ervin Hidayah_E20171076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mohammad Ervin Hidayah, Abdul Rokhim 2023: “Resistensi Baitul Maal Wat Tamwil Dalam Menghadapi Produk Pembiayaan Mudharabah di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di BMT Maslahah Lil Ummah Al-Mubarak Sukowono Jember”.
Kata Kunci: BMT, Mudharabah.
Perbankan sebagai salah satu lembaga keuangan mempunyai nilai strategis di dalam perekonomian suatu negara. Lembaga tersebut dimaksudkan sebagai perantara antara pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak yang kekurangan dana. Lembaga keuangan bank bergerak dalam kegiatan kredit, dan berbagai jasa yang diberikan bank melayani kebutuhan pembiayaan serta melancarakn mekanisme sistem pembayaran bagi faktor perekonomian.
Fokus penelitian yang diteliti dari skripsi ini adalah 1) Bagaimana resistensi BMT Maslahah Lil Ummah Al-Mubarak dalam menghadapi produk pembiayaan mudharabah di masa pandemi covid-19?, 2) Bagaimana Upaya BMT Maslahah Lil Ummah Al-Mubarak dalam melakukan pencegahan pembiayaan mudharabah bermasalah di masa pandemi covid-19?.
Adapun tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui resistensi BMT Maslahah Lil Ummah Al-Mubarak dalam menghadapi produk pembiayaan mudharabah di masa pandemi covid-19. 2) untuk mengetahui upaya BMT Maslahah Lil Ummah Al-Mubarak dalam melakukan pencegahan pembiayaan mudharabah bermasalah di masa pandemi covid-19.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Sementara untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara serta dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan triagulasi sumber dalam uji keabsahan data yang diperoleh.
Resistensi BMT Maslahah Lil Ummah Al-Mubarak dalam menghadapi produk pembiayaan mudharabah di masa pandemi yaitu melalui loyalitas nasabah dan mengayomi nasabah. Dari kedua cara tersebut BMT Maslahah Lil Ummah Al-Mubarak dapat bertahan di masa pandemi covid-19.

Item Type: Article
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140208 Health Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mohammad Ervin Hidayah
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:12
Last Modified: 10 Jan 2024 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31904

Actions (login required)

View Item View Item