EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rahma, Anggita Aulia (2023) EFEKTIFITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X DI SMA NEGERI UMBULSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ANGGITA 2023 (3).pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS) merupakan metode pembelajaran yang berkaitan dengan alam sekitar, metode pembelajaran ini dapat dikaitkan dengan situasi nyata yang didukung oleh sumber daya alam yang ada disekitar. Pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS) juga dapat meningkatkan hasil belajar karena sumber belajarnya didapatkan secara langsung, sehingga daya ingat siswa lebih baik dalam materi tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) Mengetahui hasil belajar siswa baik sebelum dan sesudah dibelajarkan menggunakan metode jelajah alam sekitar (JAS) berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X di SMA Negeri Umbulsari tahun pelajaran 2022/2023, 2) Mengetahui keefektifitan model pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS) berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X di SMA Negeri Umbulsari tahun pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desai penelitian quasi eksperimen design dengan bentuk penelitian nonequivalent group pretest posttest design. Instrument pengumpulan data berupa test dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan sampel X.7 dan X.8. Analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui hipotesis penelitian.
Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS) pada materi perubaan lingkungan diterapkan dengan baik, sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi jika dibandinkan dengan kelas kontrol yang dibuktikan dengan rata-rata dari data posttest, adapun niai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 58,42 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu sebesar 74,70, 2) Metode pembelajaran jelajah alam sekitar (JAS) efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai yang signifikansi sebesar 0,042.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Anggita Aulia Rahma
Date Deposited: 11 Jan 2024 03:19
Last Modified: 11 Jan 2024 03:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31913

Actions (login required)

View Item View Item