Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Reflektif Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024

ainul yaqin, akhmadah maulana (2023) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Kemampuan Reflektif Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Akhmadah Maulana Ainul Yaqin T20191366.PDF

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: model pembelajaran CTL, kemampuan reflektif, Pendidikan Agama Islam

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah model pembelajaran ini di anggap model pembelajaran yang menarik untuk dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Contextual Teaching and Learning merupakan model pembelajaran yang mengkaitkan antara materi pelajaran dengan situasi dunia nyata yang terjadi di lingkungan sekitar siswa. Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga siswa dapat berpikir aktif dan kritis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan model CTL Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam?, 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam?, 3) Bagaimana evaluasi penerapan CTL pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan model pembelajaran CTL, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran CTL, 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan model pembelajaran CTL.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara semi terstruktur dan teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman, yang menggunakan 3 tahap dalam pelaksanaanya, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Perencanaan penerapan model pembelajaran CTL mulai dari menyiapkan silabus dan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sebelum kegiatan pembelajaran guru menyiapkan bahan ajar dan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan penerapan model pembelajaran CTL diawali dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan diakhiri dengan kegiatan penutup. Dalam pelaksanaannya terdapat 7 komponen model pembelajaran CTL seperi konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. 3) Evaluasi penerapan model pembelajaran CTL terdiri dari teknik evaluasi, aspek yang dievaluasi, faktor pendukung serta penghambat dan dampak dari penerapan CTL.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr akhmadah maulana ainul yaqin
Date Deposited: 10 Jan 2024 07:52
Last Modified: 10 Jan 2024 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31914

Actions (login required)

View Item View Item