Hermawan, Andra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Hasil Kognitif Belajar Siswa Pada Materi Monera Kelas X MIPA di SMA Al – Miftah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.
Text
SKRIPSI REAL - Revisi.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu Numbered Head Together (NHT)
dapat menciptakan suasana belajar dan pembelajaran yang mendukung dan efektif
supaya siswa dapat belajar dengan baik. Salah satu faktor yang mendukung
tecapainya suatu pembelajaran adalah penggunaan model pembelajaran yang
memacu siswa untuk belajar secara aktif. Untuk itu, Model Pembelajaran Inkuiri
Terbimbing dipedu Numbered Head Together (NHT) menjadi alternativ yang
tepat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengaruh model
pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Numbered Head Together ( NHT ) untuk
meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada Materi Monera Kelas X
MIPA di SMA Al – Miftah Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Mengetahui pengaruh
model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu Numbered Head Together ( NHT )
untuk meningkatkan hasil kognitif belajar siswa pada Materi Monera Kelas X
MIPA di SMA Al – Miftah Tahun Pelajaran 2023/2024.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif jenis
quasi exsperimental design tipe non-equivalent group post-test only design.
Populasi penelitian berjumlah 54 siswa kelas X SMA Al – Miftah Sumberbaru
Jember dengan Tehnik pengambilan Sampel menggunakan Total sampling
sehingga didapatkan sampel kelas X MIPA 1 dengan jumlah 27 siswa sebagai
kelas Eksperimen dan X MIPA 2 dengan berjumlah 27 siswa sebagai kelas
kontrol. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi. Tehnik
analisis data menggunakan uji Mann-Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan
model pembelajarn inkuiri terbimbing dipadu Numbered Head Together ( NHT )
untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada Materi Monera Kelas X
MIPA di SMA Al – Miftah Tahun Pelajaran 2023/2024, dengan menggunakan uji
Mann-Whitney dengan kriteria nilai signifikansi 0,004 < 0,05. 2) Terdapat
pengaruh yang signifikan model pembelajarn inkuiri terbimbing dipadu Numbered
Head Together ( NHT ) untuk meningkatkan hasil kognitif belajar siswa pada
Materi Monera Kelas X MIPA di SMA Al – Miftah Tahun Pelajaran 2023/2024,
dengan menggunakan uji Mann-Whitney dengan kriteria nilai signifikansi 0,000 <
0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060501 Bacteriology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Andra Hermawan Hermawan |
Date Deposited: | 10 Jan 2024 07:34 |
Last Modified: | 10 Jan 2024 07:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31915 |
Actions (login required)
View Item |