Menilik Kemukjizatan Al-Qur'an (Studi Penafsiran Badiuzzaman Said Nursi)

Zahra, Siti Halimatus (2023) Menilik Kemukjizatan Al-Qur'an (Studi Penafsiran Badiuzzaman Said Nursi). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Siti Halimatus Zahro IAT NIM U20171048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siti Halimatus Zahra, 2023: Menilik Kemukjizatan Al-Qur’an (Studi Penafsiran Badiuzzaman Said Nursi)
Kata-kata Kunci: Kemukjizatan, Penafsiran, Said Nursi
Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang dimiliki Nabi Muhammad saw dan merupakan wahyu terakhir kepadanya. Mukjizat Al-Qur’an merupakan salah satu hal yang penting untuk dibahas dalam ‘Ulumul Al-Qur’an. Pembahasan mukjizat Al-Qur’an sangat banyak mulai dari berbagai aspeknya, seperti aspek kebahasaan dan sastra, aspek isyarat ilmiyah, aspek pemberitaan ghaib, dan lain sebagainya. Penelitian ini mengkaji pemikiran salah satu tokoh yang cukup berpengaruh dalam perkembangan keilmuan Islam, yaitu: Badiuzzaman Said Nursi tentang kemukjizatan al-Qur’an.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pandangan Badiuzzaman Said Nursi tentang al-Qur’an sebagai Mukjizat. 2) Bagaimana konteks sosio-historis yang melatarbelakangi pandangan Said Nursi tentang al-Qur’an sebagai mukjizat. 3) Bagaimana al-Qur’an sebagai mukjizat nabi Muhammad serta relevansinya di era modern. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pandangan Badiuzzaman Said Nursi tentang al-Qur’an sebagai mukjizat. 2) mendeskripsikan konteks sosio-historis yang melatarbelakangi pandangan Said Nursi tentang al-Qur’an sebagai mukjizat, dan 3) mendeskripsikan al-Qur’an sebagai mukjizat Nabi Muhammad saw dan relevansinya di era modern.
Jenis penelitian ini adalah library research yaitu penelitian yang bahan-bahan penelitiannya mengambil dari bahan tertulis berupa buku, kitab, dokumen, naskah dan lain sebagainya. Dalam analisis data penulis menggunakan pendekatan historis hermeneutik-content analisis (pemaknaan isi) untuk menganalisis makna tentang pandangan Said Nursi terhadap kemukjizatan al-Qur’an. Dengan pendekatan historis, penelitian ini hendak mengungkap latar belakang dari pemikiran tokoh, terutama dari segi sosial-historis yang melatarbelakanginya, yang dalam hal ini adalah Badiuzzaman Said Nursi tentang pandangannya terhadap kemukjizatan al-Qur’an.
Hasil penelitian ini adalah 1) pandangan Said Nursi tentang mukjizat Al-Qur’an terbagi tiga, pertama disebutkan bahwa Al-Qur’an merupakan terjemahan abadi bagi alam semesta, yang menafsirkan segala sisi di dunia maupun akhirat, kedua dijelaskan bahwa Al-Qur’an memiliki segala rahasia yang berisi simbol dan tanda, catatan perhatian dan penghormatan bagi Ar-Rahman yang bersumber dari rahmatNya sehingga sangat pantas disebut sebagai Kalam Ilahi, ketiga ia menjelaskan bahwa Al-Qur’an merupakan kitab yang mencakup kitab seluruh Nabi dari berbeda masa serta mencakup seluruh karya orang-orang saleh lain dengan beragam pendekatan. 2) Pandangan Said Nursi tentang kemukjizatan al-Qur’an dilatarbelakangi oleh perjuangannya melawan berbagai kecenderungan pemikiran materialistik dan atheisme yang merupakan produk dari sains dan filsafat Barat, sehingga beliau menulis sebuah karya besar bernama Risalah Nur, 3) Al-Qur’an sendiri sebagai mukjizat terbesar yang dimiliki Nabi Muhammad Saw. Isinya tidaklah pernah bertentangan dengan ilmu pengetahuan modern, bahkan mengungkapkan kebenaran al-Qur’an itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mrs Siti Halimatus Zahra
Date Deposited: 10 Jan 2024 08:07
Last Modified: 10 Jan 2024 08:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31919

Actions (login required)

View Item View Item